LEMBAR KERJA RENCANA PIGP
OLEH
KEPALA SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN
2012 - 2013
No
|
Waktu/bulan
|
Kegiatan
|
Pihak yang
terlibat
|
1
|
Bulan Juni 2012 minggu I
|
Melakukan analisis kebutuhan guru pemula
|
Guru pemula
|
2
|
Bulan Juni 2012 minggu II
|
Menyelenggarakan pelatihan tentang pelaksanaan program
induksi bagi guru pemula
|
Pengawas, Kepala Sekolah
|
3
|
Bulan Juni 2012 minggu III
|
Menyiapkan Buku Pedoman bagi guru pemula yang memuat
kebijakan sekolah, prosedur kegiatan sekolah, format administrasi pembelajaran/bimbingan
dan konseling, dan informasi lain yang dapat membantu guru pemula belajar
menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah.
|
Kepala Sekolah, Wakasek, Semua Kaur, Guru Pembimbing PIGP
|
4
|
Bulan Juni 2012 minggu IV
|
Menunjuk seorang pembimbing bagi guru pemula yang
memiliki kriteria sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
|
Guru Pembimbing PIGP
|
5
|
Bulan Juli 2012 minggu I
|
Perkenalan lingkungan sekolah dan di sekitar sekolah oleh guru pemula
|
Guru Pemula, Guru Pembimbing
|
6
|
Bulan Juli 2012 minggu II samppai Maret 2013
Minggu I
|
Pembimbingan Tahap 1
: Bertujuan untuk membimbing guru pemula dalam proses pembelajaran/
bimbingan dan konseling
|
Guru Pemula, Guru Pembimbing
|
7
|
Bulan Maret 2013 minggu II sampai Bulan Mei 2013 Minggu II
|
Pembimbingan Tahap 2 : berupa
observasi pembelajaran/bimbingan dan konseling diikuti dengan ulasan dan masukan
oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah, yang mengarah pada peningkatan
kompetensi dalam pembelajaran/bimbingan dan konseling
|
Guru Pemula, Guru Pembimbing
|
8
|
Bulan Mei 2013 minggu III sampai dengan Bulan Juni 2013 minggu I
|
Penilaian meliputi 14 Kompetensi yang meliputi :
Kompetensi pedagogik
(1) Memahami latar belakang siswa.
(2) Memahami teori belajar.
(3) Pengembangan kurikulum.
(4) Aktivitas pengembangan pendidikan.
(5) Peningkatan potensi siswa.
(6) Komunikasi dengan siswa.
(7) Assessmen & evaluasi.
Kompetensi kepribadian
(8) Berperilaku sesuai dengan norma, kebiasaan
dan hukum di Indonesia.
(9) Kepribadian matang dan stabil.
(10) Memiliki etika kerja
dan komitmen serta kebanggan menjadi
guru.
Kompetensi sosial
(11) Berperilaku inklusf, objektif, dan tidak pilih
kasih.
(12) Komunikasi dengan guru, pegawai
sekolah,orang tua, dan masyarakat.
Kompetensi profesional
(13) Pengetahuan dan
pemahaman tentang struktur, isi dan standard kompetensi mata pelajaran dan
tahap-tahap pengajaran.
(14) Profesionalisme yang
meningkat melalui refleksi diri.
|
Kepala Sekolah, Guru Pemula, Guru Pembimbing
|
Tantangan dan Kesempatan Pembelajaran keprofesionalan
(Refleksi
kepala sekolah secara individual)
1.
Adakah aktivitas pengembangan profesional atau kesempatan
pembelajaran keprofesionalan yang diberikan kepada guru pemula di sekolah/madrasah Anda? Tuliskan
kegiatan/kesempatan yang telah ada tersebut.
Jawab :
Ada yaitu kegiatan Pengetahuan dan pemahaman tentang
struktur, isi dan standard kompetensi mata pelajaran dan tahap-tahap pengajaran pada guru
pemula.
2.
Pilih dua aktivitas pembelajaran keprofesionalan yang
telah ada di sekolah. Bagaimana aktivitas di atas dapat membantu Anda dalam
menyiapkan dan melaksanakan PIGP?
Jawab :
a. Aktivitas
pemahaman struktur isi mata pelajaran dapat membantu guru pemula menguasai
materi
b. Aktivitas
pemahaman Standart kompetensi mata pelajaran dapat membantu guru pemula membuat
Silabus, RPP.
3.
Aktivitas pembelajaran keprofesionalan apa yang ingin
Anda gunakan/berikan kepada para guru di sekolah/madrasah Anda? Misalnya, guru
bekerja dalam kelompok mengobservasi pembelajaran guru lain dan mendiskusikannya kemudian.
Jawab :
Aktivitas pembelajaran keprofesionalan yang diberikan
adalah Model-model pembelajaran dan metode pembelajaran yang di gunakannya
harus PAIKEM.
4.
Tuliskan hambatan yang harus diatasi serta perubahan yang
harus dilakukan.
Jawab :
a. Alat-alat di
laboratorium tidak lengkap diatasi dengan metode lingkungan sebagai sumber
belajar
b. Setiap kelas
belum tersedia multi media yang permanen diatasi dengan bonkar pasang multi
media di kelas
5.
Pilih dua hambatan dalam pembelajaran keprofesionalan
guru yang Anda bimbing. Apa yang dapat Anda lakukan sekarang sehingga
berpengaruh positif bagi guru dan
sekolah?
a.
Guru pemula kurang tepat dalam menggunakan metode
pembelajaran sehingga kurang maksimal, guru pemula di beri arahan dalam
menentukan medote pembelajaran yang tepat misalnya diskusi di ganti dengan
discovery
b.
Guru pemula suaranya kurang keras dan cara menyampaikan
mengunakan kata-kata yang tidak fokus pada tujuan pembelajaran, pembimbing
memberi arahan merumuskan kata kunci dalam menyampaikan materi di kelas, dan
tidak bermalas latihan suara keras.
No.
|
Aktivitas
yang dilakukan
|
Kenyataan
|
||
Ya
|
Tidak
|
|||
1.
|
Apakah saya sudah melakukan penyambutan terhadap guru
pemula?
|
V
|
|
|
2.
|
Apakah guru pemula sudah saya kenalkan kepada guru lain
atau staf di sekolah?
|
V
|
|
|
3.
|
Apakah guru pemula sudah saya kenalkan dengan pembimbing
atau staf yang akan membantunya pada awa-awal tugasnya?
|
V
|
|
|
4.
|
Apakah guru pemula sudah saya kenalkan terhadap
lingkungan sekolah?
|
V
|
|
|
5.
|
Apakah saya sudah mengajak guru pemula mengunjungi ruang
kelas, perpustakaan, laboratorium, ruang tata usaha, dan sarana pendukung
lainnya di sekolah?
|
V
|
|
|
6.
|
Apakah guru pemula sudah saya kenalkan dengan budaya di
sekolah?
|
V
|
|
|
7.
|
Apakah guru pemula sudah saya kenalkan dengan kebiasaan
di sekolah untuk saling menyapa bila bertemu dengan rekan?
|
V
|
|
|
8.
|
Apakah saya sudah mengajak guru pemula untuk melakukan
pertemuan setiap pagi sebelum pelajaran dimulai?
|
V
|
|
|
9.
|
Apakah saya sudah mengajak guru pemula untuk memecahkan
masalah, kendala, dan kesulitan-kesulitan yang ditemukan?
|
V
|
|
|
10.
|
Apakah saya sudah mengajak guru pemula melakukan
refleksi sebelum meninggalkan sekolah?
|
V
|
|
|
11.
|
Apakah saya sudah mengenalkan struktur organisasi
sekolah kepada guru pemula?
|
V
|
|
|
12.
|
Apakah saya sudah mengenalkan Kurikulum Sekolah kepada
guru pemula?
|
V
|
|
|
13.
|
Apakah saya sudah mengenalkan visi, misi dan tujuan
sekolah kepada guru pemula?
|
V
|
|
|
14.
|
Apakah saya sudah mengenalkan tentang
prinsip-prinsip pembelajaran dan penilaian sesuai tuntutan KTSP?
|
V
|
|
|
15.
|
Apakah saya sudah memberikan daftar absensi siswa yang
akan diajarnya?
|
V
|
|
|
16.
|
Apakah saya sudah memberikan buku nilai siswa yang akan
diajarnya?
|
V
|
|
|
17.
|
Apakah saya sudah memberikan jadwal pelajaran yang
berlaku tahun pelajaran berjalan?
|
V
|
|
|
18.
|
Apakah saya sudah memberikan format-format administrasi
yang akan digunakan kelak ketika guru pemula melaksanakan tugas?
|
V
|
|
|
19.
|
Apakah saya sudah mengingatkan guru pemula untuk
menyiapkan perangkat pembelajaran? (silabus,
|
V
|
|
|
20.
|
Apakah saya sudah menyarankan guru pemula untuk mengikti
kegiatan di MGMP?
|
V
|
|
|
21.
|
Apakah saya sudah menyampaikan kepada guru pemula untuk
bersikap positif dan konstruktif?
|
V
|
|
|
22.
|
Apakah saya sudah menyarankan kepada guru pemula untuk
mengungkapkan hal-hal yang diharapkan?
|
V
|
|
|
23.
|
Apakah saya sudah menyampaikan kepada guru pemula agar siap untuk mendengarkan dengan baik
ketika mengikuti pertemuan sebelum diberi kesempatan untuk menyampaikan
gagasan?
|
V
|
|
|
24.
|
Apakah saya sudah menjelaskan kepada guru pemula untuk
bersikap mendukung kebijakan sekolah yang sudah disepakati bersama?
|
V
|
|
|
25.
|
Apakah saya sudah menanyakan, apakah guru pemula sudah
merasa aman dan nyaman bertugas di sekolah ini?
|
V
|
|
|
Topik
|
Cek
|
Catatan
|
Apa
pengalaman terdahulu yang dimiliki guru pemula?
|
V
|
Pengalamanya masih banyak
kekurangan
|
Apakah semua panduan kerja relevan?
|
V
|
Sudah
|
Apakah ada guru lain yang pembelajaran mata
pembelajaran yang sama dengan guru
pemula?
|
V
|
Tidak ada
|
Apakah
ada pembimbing yang layak?
|
V
|
Sudah layak
|
Apakah
pembimbing perlu menjalani training tentang observasi pembelajaran?
|
V
|
Perlu
|
Apakah memungkinkan melibatkan KKG/MGMP untuk
mendukung PIGP
|
V
|
Perlu
|
Apakah ada hal-hal lain yang patut dipertimbangkan
dalam PIGP
|
V
|
Kejujuran guru pembimbing
dalam menilai
|
Refleksi/
Petunjuk Evaluasi Diri untuk Guru Pemula
(Kepala sekolah diharap mengisi format ini untuk lebih
memahami dari sudut mana saja guru pemula dapat dibimbing)
Perhatikan pernyataan berikut dan
lengkapilah sesuai pendapat anda. Anda
dapat menggunakan pendapat yang anda tuliskan sebagai dasar anda berdiskusi
dengan pembimbing tentang sasaran dan penyusunan rencana pengembangan
profesional untuk pertama atau
mungkin tahun kedua mengajar.
Lengkapi semua penyataan berikut:
a.
Saya memilih menjadi guru
karena
Jawab:
Ingin menjadi
guru yang profesional sehingga bisa berguna untuk diri sendiri, keluarga,
masyarakat dan bangsa yaitu membantu membentuk SDM yang bermutu
b.
Alasan saya mengajar mata
pelajaran di kelas karena
Jawab :
Sesuai dengan
Jurusan Program Studi S-1 Saya
c.
Perasaan
saya pertama kali mengajar di kelas adalah
Jawab :
Masih ada
perasaan gugup
d.
Menurut
saya, para siswa menyukai saya saat berada pada situasi
Jawab :
Ya, siswa
menyukai saya saat pembelajaran terlihat tidak ada anak-anak yang ramai,
ngantuk bahkan sering bertanya
e.
Perilaku
siswa yang paling menjengkelkan saya diantaranya
Jawab :
Sering ijin ke
kamar kecil, tapi saya beri peraturan maksimal 2 orang yang boleh ke kamar
kecil.
f.
Saya
mengetahui siswa menyukai atau tidak pelajaran saya melalui
Jawab :
Betanyaan yang
berikan kepada siswa
g.
Beberapa
hal yang tidak saya lakukan namun diharapkan siswa untuk dilakukan adalah
Jawab :
h.
Ketika
para siswa marah di kelas, saya biasanya melakukan
Dipanggil ke
depan diberi pengertian dan bersikap sabar
i.
Sebagai
guru kelebihan saya dalam hal mengajar adalah
Bisa bercerita untuk memotivasi siswa
j.
Menurut
saya perilaku saya yang sering menimbulkan masalah di kelas adalah
Suara kurang keras
k.
Setelah
mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan di kelas saya biasanya melakukan
Menyuruh siswa untuk berdiri semua, bergerak, bersuara
yang terkontrol melaui bimbingan sehingga pikiran siswa bugar kembali dan
senang.
l.
Setelah mengalami hal-hal yang menyenangkan di kelas biasanya saya
Saya lanjutkan kembali ke topik pembelajaran
m.
Pendekatan
psikologis apa yang telah saya lakukan pada siswa, untuk mencapai prestasi
belajar maksimal
Pujian, reward dan pendekatkan sering di sapa saat ketemu
dan diskusi di luar kelas
Lembar ini merupakan evaluasi diri. Anda tidak harus
menunjukkannya kepada orang lain. Gunakanlah untuk memulai pembicaraan anda
dengan pembimbing tentang pengajaran di kelas
RENCANA PENGEMBANGAN PROFESIONAL GURU PEMULA
Dalam merencanakan pengembangan
keprofesian guru pemula, pembimbing bersama guru pemula membuat rencana
pengembangan berdasarkan hasil analisis kebutuhan pengembangan guru pemula.
Dalam membuat rencana ini ada unsur tujuan, cara, kapan, siapa yang bisa
membantu, dan evaluasi dengan keterangan sebagai berikut:
Tujuan: tuliskan tujuan
pengembangan tersebut misalnya untuk meningkatkan kemampuan guru mengelola
kelas.
Cara: tuliskan bagaimana
tujuan pengembangan tersebut dapat dicapai, misalnya dengan melakukan observasi
pembelajaran oleh guru lain.
Kapan: diisi dengan
waktu/tanggal perkiraan kegiatan untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan.
Siapa
yang bisa membantu:
diisi dengan nama guru lain atau orang lain yang dapat membantu mencapai tujuan
tersebut.
Evaluasi: Diisi dengan bagaimana
hasil dari pencapaian tujuan tersebut setelah selesai waktu kegiatan
pengembangannya (kapan).
RENCANA PENGEMBANGAN PROFESIONAL GURU PEMULA
Nama:
OKTARI ARGADEWI, S.Si, M.T. Tanggal: 10
Agustus 2012
Tujuan
|
Cara
|
Kapan
|
Siapa Yang bisa Membantu
|
Evaluasi
|
Untuk meningkatkan
kemampuan guru dalam pengelolaan kelas
Untuk bisa beradaptasi dengan iklim kerja dan budaya sekolah
Untuk Meningkatkan pekerjaannya sebagai guru profesional di sekolah
|
Membuat skenario pembelajaran secara rinci dan di
praktekan ke guru pembimbing
Sebelum pembimbingan tahap 1 di mulai terlebih dahulu
guru pemula mengamati iklim kinerja guru, lingkungan dan budaya di sekolah
Guru pemula menyiapkan semua perangkat kompetensi guru
yaitu Pedagogik, kepribadian, sosial dan
keprofesionalisme di guru pembimbing
|
Bulan Juni minggu II sampai minggu IV
Bulan Juni minggu I sampai minggu II
Bulan Juni minggu II sampai minggu IV
|
Guru pembimbing, guru senior
Kepala Sekolah, Guru pembimbing
Guru Pembimbing, guru senior
|
Penguasaan kelas guru pemula baik
Guru pemula sudah beradaptasi
Kinerja Guru pemula mendapat skor ≥ 75
|
Tanggal: 10 Agustus 2012
Tanda tangan guru pemula: TTD (OKTARI ARGADEWI, S.Si, M.T.)
Tanda tangan guru pembimbing: TTD (ULISTIANA, S.Si.)
Kementerian
Pendidikan Nasional
Sekolah SMP PLUS AL
FATIMAH BOJONEGORO
Lembar Hasil
Observasi Pembelajaran Guru
Pemula
Nama : OKTARI
ARGADEWI, S.Si, M.T.
|
Sekolah/madrasah : SMP PLUS AL
FATIMAH
|
||||||
Pendidikan : S-1 MATEMATIKA, S-2 TEKNIK
|
Kabupaten/Kota : BOJONEGORO
|
||||||
Institusi Pendidikan : S-1 UM, S-2 ITS
|
Provinsi : JATIM
|
||||||
Kelas yang dikelola : 7D
|
Jumlah jam per minggu : 24 JP
|
||||||
Mata pelajaran yang diampu : MATEMATIKA
|
|
||||||
A Jika skor hasil observasi 4 C Jika skor hasil observasi 2
B Jika skor hasil
observasi 3
D Jika skor hasil observasi
nilai 1
|
|||||||
Kompetensi
|
A
(4)
|
B
(3)
|
C
(2)
|
D
(1)
|
Catatan
kepala sekolah/madrasah
|
||
1. Kompetensi pedagogis
1.1 Memahami latar belakang siswa
|
|
|
V
|
|
Memahami latar belakan siswa perlu ditingkatkan
|
||
1.2 Memahami teori belajar
|
|
V
|
|
|
|||
1.3 Pengembangan kurikulum
|
|
V
|
|
|
|||
1.4 Aktivitas pengembangan pendidikan
|
|
V
|
|
|
|||
1.5 Peningkatan potensi siswa
|
V
|
|
|
|
|||
1.6 Komunikasi dengan siswa
|
V
|
|
|
|
|||
1.7 Penilaian & evaluasi
|
V
|
|
|
|
|||
2
Kompetensi
kepribadian
2.1 Berperilaku sesuai dengan norma,
kebiasaan dan hukum di Indonesia
|
|
|
V
|
|
Berprilaku sesuai dengan norma pondok pesantren sekolah
smp plus al fatimah perlu di tingkatkan terutama pakaiannya pakai rok jangan
pakai celana
|
||
2.2 Kepribadian matang dan stabil
|
|
V
|
|
|
|||
2.3 Memiliki etika kerja dan komitmen serta
kebanggaan menjadi guru
|
|
V
|
|
|
|||
3
Kompetensi sosial
|
|
|
|
|
Sosialnya sudah bagus diperlu ditingkatkan dengan home
visit siswa
|
||
3.1 Berperilaku inklusf, objektif, dan
tidak pilih kasih
|
V
|
|
|
|
|||
3.2 Komunikasi dengan guru, pegawai sekolah,orang tua, dan masyarakat
|
V
|
|
|
|
|||
4
Kompetensi
profesional
|
|
|
|
|
|||
4.1
Pengetahuan dan
pemahaman tentang struktur, isi dan standar kompetensi mata pelajaran, serta
tahapan-tahapan pembelajaran.
|
|
V
|
|
|
Ketercapaian kompetensi sudah baik perlu di tingkatkan
lagi
|
||
4.2
Mengembangkan
profesionalisme melalui refleksi diri
|
|
V
|
|
|
|||
|
|||||||
Kepala
Sekolah
Nama : ABDUL FATAH, S.Pd.
Tanda
Tangan: TTD
Tanggal : 12 AGUSTUS
2012
|
Guru
Pembimbing
Nama : ULISTIANA, S.Si.
Tanda
Tangan: TTD
Tanggal : 12 AGUSTUS
2012
|
||||||
·
Asli untuk guru
·
Salinan untuk kepala sekolah
|
|||||||
Refleksi Individu Kepala Sekolah dalam Penilaian
Pertanyaan-pertanyaan
berikut memandu kegiatan refleksi
individu tentang peran kepala sekolah dalam penilaian:
·
Tulis
peran-peran yang Anda sukai sebagai pemimpin sekolah?
Jawab :
v Sebagai
kotroling guru agar guru bisa bekerja sesuai dengan kompetensi guru
v Supervisi guru
dan tenaga kependidikan agar mereka tertib dalam menjalankan tufoksinya.
·
Tulis
peran-peran yang baru bagi Anda atau peran yang kurang Anda sukai sebagai
pemimpin sekolah.
v
Berperan untuk meningkatkan dan mengembangkan
kewirausahaan
·
Pilihlah
dua peran atau tugas yang menurut Anda paling menantang. Dukungan apa yang Anda
perlukan untuk melaksanakan peran-peran baru tersebut?
v
Memanajerial sekolah agar sekolah bisa hidup dan
berkembang serta di minati masyarakat menjadi sekolah percontohan minimal
tingkat kabupaten
·
Diskusikan
jawaban anda dengan teman sejawat dalam organisasi profesi kepala sekolah
Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS).
v
Kepala sekolah harus memiliki 5 dimensi kompetensi yaitu
kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi dan sosial
·
Keterampilan
tambahan apa yang diperlukan untuk mengelola proses penilaian kompetensi guru?
v
Pengelolaan sumber daya manusia/siswa
v
Pengembangan Sekolah berbasis MBS
v
Kaur Akademik, Kesiswaan, Sarpras dan Humas
terima kasih mohon ijin copas u bahan belajar!
BalasHapus