Hasil Try Out Online SMP Swasta MKKS Bojonegoro

Minggu, 16 September 2012

CONTOH LAPORAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN BERKARAKTER

CATATAN : SERTAKAN FOTO PELAKSANAAN PENDIDIKAN BERKARAKTER!


LAPORAN PENGEMBANGAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA
DI SMP PLUS AL FATIMAH BOJONEGORO

A.      STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP PLUS AL FATIMAH BOJONEGORO
1      Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran dalam kerangka pengembangan karakter peserta didik dapat menggunakan pendekatan kontekstual sebagai konsep belajar dan mengajar yang membantu guru dan peserta didik mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata, sehingga peserta didik mampu untuk membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka. Dengan begitu, melalui pembelajaran kontekstual peserta didik lebih memiliki hasil yang komprehensif tidak hanya pada tataran kognitif (olah pikir), tetapi pada tataran afektif (olah hati, rasa, dan karsa), serta psikomotor (olah raga).
Di SMP Plus Al Fatimah dalam Kegiatan Pembelajaran sudah menggunakan Pembelajaran  kontekstual yang mencakup beberapa strategi,  yaitu: (a) pembelajaran berbasis masalah, (b) pembelajaran kooperatif, (c) pembelajaran berbasis proyek, (d) pembelajaran pelayanan, dan (e) pembelajaran berbasis kerja. Di dalam kegiatan pembelajarannya yang terjabarkan dalam RPP sudah memuat karakter cerdas, berpikir terbuka, tanggung jawab, rasa ingin tahu.
2      Pengembangan Budaya Sekolah dan Pusat Kegiatan Belajar
Pengembangan budaya sekolah dan pusat kegiatan belajar dilakukan melalui kegiatan pengembangan diri, yaitu:
a)         Kegiatan rutin di SMP Plus Al Faatimah
Kegiatan rutin yaitu kegiatan yang dilakukan peserta didik di SMP Plus Al Fatimah secara terus menerus dan konsisten setiap saat. Kegiatan rutin yang ada di SMP Plus Al Fatimah adalah upacara hari Senin, upacara besar kenegaraan, pemeriksanaan kebersihan badan, piket kelas, shalat berjamaah, Sholat Tahajud, Tadarus, berbaris ketika masuk kelas, berdo’a sebelum pelajaran dimulai dan diakhiri, dan menjalankan 5S (Salam, Sapa, Senyum, Sopan, Santun) apabila bertemu guru, tenaga pendidik, Wali Murid dan Siapa Saja yang berada di lingkungan Sekolah.
b)        Kegiatan spontan
       Kegiatan  yang  dilakukan  peserta  didik secara spontan pada saat itu juga, Kegiatan yang ada di SMP Plus Al Fatimah adalah mengumpulkan sumbangan ketika ada teman yang terkena musibah atau sumbangan untuk masyarakat ketika terjadi bencana.
c)         Keteladanan
       Merupakan  perilaku  dan  sikap  guru  dan  tenaga  kependidikan  dan  peserta  didik  dalam memberikan contoh melalui tindakan-tindakan  yang baik sehingga diharapkan menjadi panutan bagi peserta didik lain. Keteladanan Di SMP Plus Al Fatimah adalah nilai disiplin Sholat Berjamaah, kebersihan dan kerapihan asrama dan Kelas, kasih sayang kepada sesama teman, kesopanan, perhatian, jujur, dan kerjakeras.
d)        Pengkondisian
Pengkondisian yaitu penciptaan kondisi yang mendukung keterlaksanaan pendidikan karakter, misalnya kondisi toilet yang bersih, tempat sampah, halaman yang hijau dengan pepohonan, poster kata-kata bijak yang dipajang di lorong sekolah dan di dalam kelas.
3      Kegiatan ekstrakurikuler
Demi terlaksananya ekstrakurikuler yang mendukung pendidikan karakter, perlu didukung dengan perangkat pedoman pelaksanaan, pengembangan kapasitas sumber daya manusia dalam rangka mendukung pelaksanaan pendidikan karakter, dan revitalisasi kegiatan  ekstrakurikuler yang sudah ada ke arah pengembangan karakter.
Kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMP Plus Al Fatimah antara lain:
Ø  Hadrah
Ø  Qiroah
Ø  Kaligrafi
Ø  Pramuka
Ø  Bela Diri
Ø  Muhadasa
Semua ekstrakurikuler yang ada di SMP Plus Al Fatimah memiliki pedoman ke arah pengembangan karekter seperti nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, Rasa ingin tahu, demokratis, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif dll.
4      Kegiatan keseharian di rumah dan di masyarakat
Dalam kegiatan ini sekolah dapat mengupayakan terciptanya keselarasan antara karakter yang dikembangkan di sekolah dengan pembiasaan di rumah dan masyarakat.  Agar pendidikan karakter dapat dilaksanakan secara optimal, pendidikan karakter dapat diimplementasikan sebagaimana yang terdapat dalam Tabel di bawah ini.
Tabel 1. Implementasi Pendidikan Karakter dalam KTSP

B.      Penambahan Alokasi Waktu Pembelajaran
Di SMP Plus Al Fatimah melakukan penambahan waktu untuk pendidikan karakter yang diintegrasikan dalam ko-kurikuler dan ekstrakurikuler.
Penambahan alokasi waktu pembelajaran di SMP Plus Al Fatimah adalah sebagai berikut:

1. Sebelum pembelajaran di mulai, setiap hari seluruh siswa diminta Sholat Dhuha Berjama’ah, membaca surat-surat pendek dari kitab suci, melakukan refleksi (masa hening) selama 25 s.d 30 menit yaitu pukul 06.30-07.30 WIB.
2. Di setiap selesai sholat jama’ah Dhuhur sebelum pembelajaran dimulai dilakukan kegiatan muhadarah (berkumpul di Masjid sekolah) selama 35 menit. Kegiatan itu berupa baca Al-Quran dan terjemahan, maupun siswa berceramah dengan tema keagamaan Islam dalam beberapa bahasa (bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Arab, serta bahasa asing lainnya), kegiatan ajang kreatifitas seperti: menari, bermain musik dan baca puisi. Selain itu juga dilakukan kegiatan bersih lingkungan dihari Jum’at yaitu pukul 14.00-15.00 WIB.
C.      Penilaian Keberhasilan
Untuk mengukur tingkat keberhasilan pelaksanaan pendidikan karakter di SMP Plus Al Fatimah dilakukan melalui berbagai program penilaian dengan membandingkan kondisi
awal dengan pencapaian dalam waktu  tertentu.   Penilaian keberhasilan tersebut dilakukan
melalui langkah-langkah berikut:
1. Menetapkan indikator dari nilai-nilai yang ditetapkan atau disepakati
2. Menyusun berbagai instrumen penilaian 
3. Melakukan pencatatan terhadap pencapaian indikator
4. Melakukan analisis dan evaluasi
5. Melakukan tindak lanjut
D.      Pengembangan Kurikulum Berkarakter di SMP Plus Al Fatimah
1      Komponen KTSP
Pendidikan karakter merupakan satu kesatuan program kurikulum satuan pendidikan. Oleh karena itu program pendidikan karakter secara dokumen diintegrasikan ke dalam kurikulum SMP Plus Al Fatimah. Dengan kata lain, pendidikan karakter telah tertera dalam KTSP  mulai dari visi, misi, tujuan, struktur dan muatan kurikulum, kalender pendidikan, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
2      Tahapan Pengembangan
Pelaksanaan pendidikan karakter di SMP Plus Al Fatimah perlu  melibatkan seluruh warga, orangtua siswa, dan masyarakat sekitar SMP Plus Al Fatimah. Prosedur pengembangan kurikulum yang mengintegrasikan pendidikan karakter di satuan pendidikan dilakukan melalui tahapan sebagai berikut:
1. Melaksanakan sosialisasi pendidikan karakter dan  melakukan komitmen bersama antara seluruh komponen warga sekolah (tenaga pendidik dan kapendidikan serta komite sekolah).
2. Membuat komitmen dengan semua  stakeholder (seluruh warga sekolah, orang tua siswa, komite, dan tokoh masyarakat setempat) untuk mendukung pelaksanaan pendidikan karakter.
3. Melakukan analisis konteks terhadap kondisi sekolah (internal dan eksternal) yang dikaitkan dengan nilai-nilai karakter yang akan dikembangkan pada satuan pendidikan yang bersangkutan.  Analisis ini dilakukan untuk menetapkan nilai-nilai dan indikator keberhasilan yang diprioritaskan, sumber daya, sarana yang diperlukan, serta prosedur penilaian keberhasilan.
4. Menyusun rencana aksi sekolah berkaitan dengan penetapan nilai-nilai pendidikan karakter.
5. Membuat perencanaan dan program pelaksanaan pendidikan karakter, yang berisi:
·  Pengintegrasian melalui pembelajaran
·  Penyusunan mata pelajaran muatan lokal Kegiatan lain
·  Penjadwalan dan penambahan jam belajar di sekolah 
6. Melakukan pengkondisian, seperti:
·  Penyediaan sarana 
·  Keteladanan
·  Penghargaan dan pemberdayaan  
7. Melakukan penilaian keberhasilan dan supervisi
Untuk keberlangsungan pelaksanaan pendidikan karakter perlu dilakukan penilaian keberhasilan dengan menggunakan indikator-indikator berupa perilaku semua warga dan kondisi sekolah/instansi yang teramati. Penilaian ini dilakukan secara terus menerus melalui berbagai strategi. Supervisi dilakukan mulai dari  menelaah kembali perencanaan, kurikulum, dan pelaksanaan semua kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan karakter, yaitu:
·  Implementasi program pengembangan diri berkaitan dengan pengembangan nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa dalam budaya sekolah
·  Kelengkapan sarana dan prasarana pendukung implementasi pengembangan nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa
·  Implementasi nilai dalam pembelajaran
·  Implementasi belajar aktif dalam pembelajaran
·  Ketercapaian Rencana Aksi Sekolah berkaitan dengan penerapan nilai-nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa 
·  Penilaian penerapan nilai pendidikan karakter dan budaya bangsa pada pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik (sebagai kondisi akhir)
·  Membandingkan kondisi awal dengan kondisi akhir dan merancang program lanjutan.
8. Melakukan penyusunan KTSP yang memuat pengembangan nilai-nilai pendidikan karakter dan budaya bangsa.
·  Mendata  kondisi dokumen awal (mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa dalam dokumen I)
·  Merumuskan nilai-nilai pendidikan karakter dan  budaya bangsa di dalam (latar belakang pengembangan KTSP, Visi, Misi, Tujuan Sekolah, Struktur dan Muatan Kurikulum, Kalender Pendidikan, dan program Pengembangan Diri)
·  Mengitengrasikan nilai-nilai pendidikan karakter dan budaya bangsa dalam dokumen II (silabus dan RPP)
E.       Penyiapan Perangkat dalam rangka Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SMP Plus Al Fatimah
Terkait dengan penyiapan perangkat itu telah dilakukan kegiatan-kegiatan berikut:
1. Pembentukan Tim “Penggerak” Pendidikan Berkarakter Bangsa di SMP Plus Al Fatimah 
2. Menyiapkan bahan pelaksanaan pendidikan karakter di SMP Plus Al Fatimah
3. Penyiapan bahan sosialisasi berupa bahan/materi pelatihan untuk pelaksanaan pendidikan karakter diperuntukan bagi semua warga SMP Plus Al Fatimah

F.       PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER
1.         Profil SMP Plus Al Fatimah Bojonegoro
PROFIL PONDOK PESANTREN DAN SMP
A.      PROFIL PONDOK PESANTREN
1.       Identitas
a.
Nama Pondok Pesantren
:
Al Fatimah
b.
Nama Yayasan/Badan Hukum  Penyelenggara  Pondok
:
LPI Al Fatimah
c.
Tahun Berdiri Pondok
:
2006
d.
Nama Pimpinan/Pengasuh
Pondok
:
Drs. K. H. Tamam Syaifuddin, M.Si.
e.
Nomor  Statistik Pondok Pesantren pada Kandepag
:
413 35 2214 401
f.
Alamat pondok  (Jalan, No. jalan,  Desa/Kelurahan, RT, RW)
:
Jl. Pondok Bambu No. 01
Ds. Sukorejo – Bojonegoro
g.
Kecamatan
:
Bojonegoro
h.
Kab/Kota
:
Bojonegoro
i.
Provinsi
:
JAWA TIMUR
j.
Telepon/Fax
:
( 0353) 893488 /891894
k.
E-mail
:

2.       Jumlah  santri
No
Mukim/Tidak Mukim
Jumlah (orang)
a.
Santri Mukim
344
b.
Santri Tidak Mukim

c.
Santri seluruhnya

3.       Kepemilikan Tanah
No
Status Kepemilikan
Luas (m2)
a.
Milik Pengasuh/Kyai/Pribadi Lainnya

b.
Milik Pondok/Yayasan
5000
c.
Wakaf
56
d.
Pinjam

e.
Negara

f.
…………………………………………..


Jumlah
5000
4.       Jumlah  bangunan pondok dan Kapasitas Daya tampung
No
Unit
Kapasitas daya Tampung (orang)
a.
Unit I
113
b.
Unit II
90
c.
Unit III
69
d.
Unit IV
272
e.
Unit V
100

Jumlah
644







5.       Ciri khas Pesantren *)        : Bahasa Asing
*) Keterangan:
·       Kegiatan pendidikan atau selain pendidikan yang pelaksanaannya paling dominan, misalnya : Tafsir Qur’an/Tahfizh Qur’an/ Hadits/ Fiqih/ Ushul Fiqih/Ilmu Alat/Tasawwuf/ Bahasa Asing/ Pendidikan Akhlaq/Pertanian/ Keterampilan/ IT/Umum/dan sebagainya.
·       Hanya diisi satu jenis yang paling dominan.
6.       Satuan Pendidikan yang Diselenggarakan
a.       Satuan Pendidikan Keagamaan
No
Jenis
Jml. Rombel
Jml. Peserta Didik
1)
Pengajian  Kitab


2)
Madin Ula


3)
Madin Wustha
9
271
4)
Madin Ulya


5)
Ma’had Aly


6)
Pendidikan  Tinggi Keagamaan


7)
……………………………………


b.      Satuan Pendidikan Umum
No
Jenis
Jml. Rombel
Jml. Peserta Didik
1)
Madrasah Ibtidaiyah (MI)


2)
Madrasah Tsanawiyah (MTs)


3)
Madrasah Aliyah (MA)


4)
Madrasah Aliyah Kejuran (MAK)


5)
Sekolah dasar (SD)


6)
Sekolah Menengah Pertama (SMP)
9
271
7)
Sekolah Menengah Atas (SMA)
2
42
8)
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)


9)
Pendidikan Kesetaraan Paket A


10)
Pendidikan Kesetaraan Paket B


11)
Pendidikan Kesetaraan Paket C


12)
Program Wajar Dikdas PPS Ula


13)
Program Wajar Dikdas PPS Wustha


14)
Pendidikan Tinggi Umum


15.)
…………




7.       Kegiatan Pendidikan Lainnya
(Diisi kegiatan pendidikan selain yang disebutkan pada butir 6, misalnya bidang pendidikan ubudiyah, keterampilan, kursus, dan sebagainya)
No
Bidang
Bentuk Kegiatan
1.
Ubudiyah
Sholat Dhuha, Qiyamul Lail, Muhafadhoh
2.
Keterampilan
Membuat taplak Meja dan Vas Bunga
3.
Kursus

4.
………………


8.       Kegiatan Pesantren selain Pendidikan
(Diisi kegiatan pondok selain pendidikan, misalnya  bidang:  ekonomi, sosial, olah raga/kesehatan, dan sebagainya)

No
Bidang
Bentuk Kegiatan
1.
Ekonomi

2.
Sosial
Membagi beras kepada fakir miskin
3.
Olah Raga/ Kesehatan

4.
……………………


9.       Jumlah Kyai/Pengasuh/Ustadz/Tenaga Adminsitrasi
No
Jabatan
Jumlah Seluruh
nya
Jumlah Menurut Pendidikan Terakhir
Pesantren*)
Pendidikan Formal
DN
LN
S2/
S3
S1/
D4
SM/
D3
D2
SLTA
SD/
SLTP
1.
Kyai/Pengasuh/Pengurus
1

1





2.
Ustadz/Ustadzah
27

2
23

2


3.
Tenaga Adminstrasi
4


2


2

4.
Jumlah
32








Keterangan:
*)DN= Dalam Negeri; LN = Luar Negeri
10.   Manhaj/Kurikulum
a.        Manhaj pesantren       : (pilih yang sesuai)

Penjenjangan berdasarkan ketuntasan kitab
v
Penjenjangan berdasarkan kelas

Kombinasi

Lainnya

b.       Keterpaduan manhaj dengan kurikulum SMP/KTSP

Terpisah (tidak berkaitan sama sekali)

Terintegrasi (pelajaran pesantren menyatu dalam kurikulum SMP)
v
Tersinergi (terpisah, tetapi saling menunjang)
11.   Waktu belajar pesantren

Pagi

v
Pagi+Sore

Sore


Pagi+Malam

Malam


Sore+Malam
Keterangan : Pagi: 08.00-13.00; Sore: 14.00-18.00; Malam: 19.00-24.00

B.      PROFIL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
1.       Identitas
a.
Nama Sekolah
:
SMP Plus Al Fatimah
b.
Alamat sekolah  (Jalan, No. jalan,  Desa/Kelurahan, RT, RW), Kecamatan, Kab/Ko, Provinsi
:
Jl. Pondok Bambu No.01
RT 33 RW 8 Ds. Sukorejo Kec.Bojonegoro
Kab.. Bojonegoro Provinsi JAWA TIMUR
c.
No. Telp/Fax  sekolah
:
(0353) 893488 /891894

E-mail sekolah
:
d.
Tahun Didirikan/Beroperasi
:
2007
e.
Nomor Statistik Sekolah
:
202050501134
f.
Nama Kepala Sekolah dan 
:
Abdul Fatah, S.Pd.

No Telp/HP Kepala ekolah
:
085732715640

E-mail Kepala Sekolah
:
g.
Nilai Akreditasi Sekolah
:
A/B/C/Belum diakreditasi (Coret yang tidak sesuai)
h.
Kategori Sekolah
:
RSBI/SSN/Sekolah SPM (Coret yang tidak sesuai)
                                      
2.       Waktu belajar SMP

Pagi

V
Pagi+Sore

Sore


Pagi+Malam

Malam


Sore+Malam
Keterangan : Pagi: 08.00-13.00; Sore: 14.00-18.00; Malam: 19.00-24.00
3.       Kepemilikan Tanah SMP
No
Status Kepemilikan
Luas (m2)
a.
Milik Pengasuh/Kyai/Pribadi Lainnya

b.
Milik Pondok/Yayasan
5.000
c.
Wakaf
56
d.
Pinjam

e.
Negara

f.
…………………………………………..


Jumlah
5.000

Sudah ada bangunan
2.500

Belum ada bangunan
2.500


4.       Siswa
a.       Jumlah Siswa Tiga Tahun Terakhir
Tahun Pelajaran
Pendaf tar
Kelas VII
Kelas VIII
Kelas IX
Jumlah Kls
VII + VIII + IX
Siswa
Rom
Bel
Siswa
Rom
bel
Siswa
Rom
bel
Siswa
Rom
bel
2008/2009
50
46
2




46
2
2009/2010
70
63
2
46
2


109
4
2010/2011
150
94
3
63
2
46
2
203
7
b.      Jumlah Siswa SMP Tahun 2011/2012 yang Mukim dan Tidak Mukim
Kelas VII
Kelas VIII
Kelas IX
Jumlah Kls
VII + VIII + IX
Mukim
T. Mukim
Mukim
T. Mukim
Mukim
T. Mukim
Mukim
T. Mukim
94

69

63

226

5.       Pendidik dan Tenaga Kependidikan
a.     Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah
No 
Jabatan 
Nama
Pend.
Terakhir*)
Masa Kerja (Th)
1.
Kepala Sekolah
Abdul Fatah, S.Pd.
S1
6
2.
Wakil Kep. Sekolah I
Fatkhur Rokhim, S.PdI
S1
6
3.
Wakil Kep. Sekolah II



4.
Wakil Kep. Sekolah III



*) Diisi S2/S3/S1/D4/Sarmud/D3/SLTA/SLTP
b.   Jumlah Guru menurut Latar Belakang Pendidikan
No
Guru Mata Pelajaran
Pendidikan Terakhir
Jumlah
5+6
S1/D4/Akta IV/S2/S3
Belum S1/D4
Sesuai
Tidak Sesuai
Jumlah
1
2
3
4
5
6
7
1.
Pdd.  Agama
1

1

1
2.
Bahasa Indonesia
2

2

2
3.
Matematika
2

2

2
4.
Ilmu Peng. Alam
4

4

4
5.
Bahasa  Inggris
2

2

2
6.
Ilmu Peng. Sosial
1

1

1
7.
Penjaskes
1

1

1
8.
Seni Budaya
2

2

2
9.
PPKn
2

2

2
10.
TIK
3

3

3
11.
Keterampilan





12.
BK
1

1

1
13.
…………………………….






Jumlah
21

21

21
Keterangan :  Sesuai = Memiliki latar belakang pendidikan sekurang-kurangnya S1, sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan. Tidak Sesuai = Memiliki latar belakang pendidikan sekurang-kurangnya S1, tetapi tidak sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan.


c.    Tenaga Kependidikan
No
Jenis Tenaga Pendukung
Jumlah Tenaga Pendukung dan
Kualifikasi Pendidikannya
Jumlah
SD/SMP/SMA
D1/D2/D3/
Sarmud
S1/S2/S3
1.
Tata Usaha
2

2
4
2.
Perpustakaan


1
1
3.
Laboran IPA


1
1
4.
Teknisi Komputer


1
1
5.
Laboran Lab. Bahasa


1
1
6.
PTD (Pdd.Teknologi Dasar )




7.
Kantin


1
1
8.
Penjaga Sekolah


1
1
9.
Tukang Kebun


1
1
10.
Keamanan


1
1
11.
Lainnya




Jumlah



12
6.       Ruang Belajar, Ruang Kantor, dan Ruang Penunjang
a.         Ruang Belajar
No
Kondisi
Jumlah
(lokal)
Keterangan Kondisi Kerusakan
1.
Baik
9
<15%
2.
Rusak Ringan

15% - < 30 %
3.
Rusak sedang

30% - <45%
4.
Rusak Berat

45% - 65%
5.
Rusak Total

>65%

Jumlah
9

b.      Ruang Belajar Lain
No
Jenis Ruang
Kondisi
Jumlah
Baik
Rusak Ringan
Rusak Sedang
Rusak Berat
Rusak Total
1.
Perpustakaan
1




1
2.
Lab IPA
1




1
3.
Keterampilan






4.
Multimedia
1




1
5.
Kesenian







Jumlah
3




3
c.       Ruang Kantor
No
Jenis Ruang
Kondisi
Jumlah
Baik
Rusak Ringan
Rusak Sedang
Rusak Berat
Rusak Total
1.
Kepala Sekolah
1




1
2.
Wakil Kepala Sekolah






3.
 Guru
1




1
4.
 Tata Usaha
1




1
5.
 Tamu
1




1

Jumlah
4




4


7.       Prestasi Akademik
a.       Rata-rata Nilai UN Tiga Tahun Terakhir
No
Tahun Pelajaran

Rata - rata Nilai UN
Bhs. Indonesia
Mate
matika
Bhs. Inggris
IPA
Jumlah
Rata-rata
1.
2008/2009






2.
2009/2010
8,56
8,70
7,57
9,28
34,11
34,11
3.
2010/2011
7,90
8,52
8,65
9,07
34,14
34,14
b.      Peringkat Rerata Nilai UN Tiga Tahun Terakhir
No
Tahun Pelajaran
Peringkat
Tingkat Kecamatan
Tingkat Kab/kota
Tingkat Propinsi
1.
2008/2009



2.
2009/2010

2
5
3.
2010/2011

2

c.       Angka Kelulusan dan Melanjutkan Tiga Tahun Terakhir
No
Tahun Ajaran
Jumlah Peserta Ujian
Lulus
Melanjutkan
Tidak melanjutkan
Orang
(%)
Orang
%
Orang
%
1.
2008/2009







2.
2009/2010
46
46
100 %
46
100 %


3.
2010/2011
63
63
100 %
63
100 %


d.      Prestasi akademik lainnya
(Lomba-lomba ilmiah yang pernah diikuti dan hasilnya)
No
Jenis  Lomba
Tingkat
Peringkat
1.
LKIR Remaja ( CERIS )
Nasional
Harapan 2 dan 3
2.
OSN Fisika dan Matematika
Provinsi

3.
Story Telling
Kabupaten
I
4.
LKIR dan Debat APBD
Provinsi
III
5.
Siswa Teladan Berprestasi
Kabupaten
I
6.
Porseni
Provinsi

7.
Pidato PAI
Nasional

8.



9.



10.



11.



12.





8.       Prestasi nonakademik
(Lomba  olah raga, kesenian, dan kegiatan nonakademik lain yang pernah diikuti dan hasilnya)
No
Jenis Lomba
Tingkat
Peringkat
1.
Pidato Bahasa Inggris
Kabupaten
1 Dan  2
2.
Story Telling
Kabupaten
1 dan 2
3.
Deklamasi Puisi
Kabupaten
1
4.
CERIS (Cerita Remaja Islam Nasional)
Nasional
Harapan 2dan Harapan 3
5.
MTQ
Kabupaten
2
6.
Pekan Olahraga dan Seni
Kabupaten
Harapan 3
7.
Siswa Teladan
Kabupaten
3
8.



9.



10.



11.



12.



9.       Kegiatan ekstra kurikuler
No
Jenis Kegiatan
1.
Pramuka
2.
PMR
3.
Kaligrafi dan Qiro’ah
4.
KIR
5.
Teater
6.
Seni Hadrah Balasic
7.
Muhafadhoroh ( B. Indo, B. Inggris, B. Arab, B. Mandarin )
8.

9.

10.

11.

12.

10.   Kegiatan Keterampilan
No
Jenis Kegiatan
1.
Cipta Kreasi dan Menghias Jilbab
2.
Pengolahan Produk makanan
3.
Kreasi dan seni Batik
4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

11.

12.


G.     Rancangan Rencana Aksi Sekolah SMP Plus Al Fatimah Bojonegoro
H.   Menyusun Dokumen Kurikulum
Pada penyusunan dokumen I, nilai-nilai yang akan dikembangkan secara struktur dan terprogram  dituangkan dalam visi, misi dan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, seperti yang tertulis dibawah ini:
Visi
“UNGGUL DALAM PRESTASI, BERPIJAK PADA IMTAQ DAN IPTEK BERDASARKAN NILAI-NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA
Misi
Sekolah yang memiliki visi “UNGGUL DALAM PRESTASI BERDASARKAN IMTAQ BERDASARKAN NILAI-NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA” merumuskan misinya sebagai berikut :
·         Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif, sehingga setiap siswa berkembang secara optimal,sessuai dengan potensi yang dimiliki.
·         Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga    sekolah.
·         Mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenali potensi       dirinya,sehingga dapat dikmbangkan secara optimal.
·         Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan juga budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak
·         Menerapkan manajemen partisiptif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan kelompok kepentingan yang terkait dengan sekolah (stakeholders).
·         Mendidik siswa untuk memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap hingga menjadi lulusan yang memiliki kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, beriman dan berahlak mulia melalui proses PAIKEM;
·         Meningkatkan peran serta warga sekolah dalam Perilaku Hidup Bersih , Hidup Sehat dan peduli lingkungan sekolah secara mandiri dan bersama-sama agar menjadi budaya sekolah.
·         Menciptakan sekolah Berbudaya Lingkungan,kondusif dan memadai sebagai tempat proses pendidikan yang menyenangkan;
Tujuan
Misi merupakan kegiatan jangka panjang yang masih perlu diuraikan menjadi beberapa kegiatan yang memiliki tujuan lebih detil dan lebih jelas. Berikut ini jabaran tujuan yang diuraikan dari visi dan misi di atas.
Tujuan SMP Plus Al Fatimah Bojonegoro
Tujuan sekolah kami merupakan jabaran  dari visi dan misi sekolah agar komunikatif dan bisa diukur sebagai berikut:
1.  Unggul dalam kegiatan keagamaan dan kepedulian sekolah.
2.  Unggul dalam perolehan nilai UN.
3.  Unggul dalam persaingan masuk ke jenjang SMA Unggulan/Favorit.
4.  Unggul dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama bidang sains dan matematika.
5.  Unggul dalam lomba olah raga, kesenian, PMR, Paskibra, dan Pramuka.
6.  Unggul dalam kebersihan dan penghijauan sekolah.
7. Meningkatkan pembelajaran yang inovatif dan kreatif melalui pengembangan kurikulum yang adaptif dan proaktif Berbudaya Lingkungan  dengan rincian sebagai berikut :
·      Memenuhi kelengkapan administrasi kurikulum SMP Plus Al Fatimah.
·      Menghasilkan perangkat pembelajaran yang inovatif dan kreatif melalui pembelajaran aktif.
·      Memiliki program muatan lokal Pendidikan Lingkungan Hidup dan Sekolah
·      Berbudaya Lingkungan yang sesuai dengan kondisi lingkungan masyarakat sekitar.
·      Mengembangkan  proses pembelajaran yang sesuai dengan SNPdengan rincian
sebagai berikut :
Ø Memenuhi prinsip pembelajaran terkini/mutakhir.
Ø Menghasilkan proses PAIKEM ( Pembelajaran, Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan )
Ø Pencapaian ketersediaan bahan dan sumber belajar yang memadai.
I.      Mengembangkan  sistem Penilaian pendidikansesuai standar penilaian yang terinci sebagai berikut :
·       Menghasilkan perangkat/instrumen penilaian pembelajaran yang relevan.
·       Menghasilkan implementasi penilaian pembelajaran yang realiabel.
·       Menghasilkan pedoman penilaian pembelajaran yang valid.
·       Menghasilkan implementasi tindak lanjut pembelajaran yang berkesinambungan.
J.     Meningkatkan  kualifikasi tenaga pendidik yang terinci sebagai berikut :
·       Memenuhi kebutuhan tenaga pendidik yang kompeten dan professional.
·       Pencapaian standar kualifikasi tenaga pendidik dengan bukti sertifikasi
K.    Meningkatkan transparansi dan akuntabilitas manajemen sekolah yang terinci sebagai berikut :
·       Memenuhi kelengkapan – kelengkapan sekolah sesuai SNP
·       Menghasilkan implementasi manajemen sekolah sesuai SNP.
·       Menghasilkan jaringan informasi internal dan kerja secara horizontal maupun vertical.
·       Pencapaian penggalangan partisipasi masyarakat dengan pemberdayaan komite sekolah.
·       Menjadikan sekolah sebagai sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.
L.     Menggalang pembiayaan pendidikan yang memadai yang terinci sebagai berikut:
·       Menjalin kerjasama timbal balik dengan stakeholder.
·       Menciptakan usaha dengan pendayagunaan potensi yang ada.
·       Menerapkan sistem subsidi silang yang tepat sasaran.
·       Menumbuhkembangkan kesadaran orangtua dalam memenuhi kewajiban keuangan.
M. Meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan berwawasan lingkungan yang terinci sebagai berikut :
·       Memenuhi ketersediaan media pembelajaran yang memadai dan relevan.
·       Menciptakan iklim pembelajaran, aktif, Inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
·      Memberdayakan usaha-usaha kecil di sekolah untuk mendapatkan income of generating activities (pendapatan yang diperoleh dari kegiatan-kegiatan wirausaha yang dilaksanakan di sekolah)
·      Menghasilkan peserta didik yang sehat, cerdas, dan berbudaya lingkungan.
N.   Menghasilkan lulusan dengan prestasi akademik yang baik ditunjang prestasi non akademik yang terinci sebagai berikut :
·      Memenuhi prinsip ( aturan ) standar ketuntasan belajar dan kelulusan.
·      Menghasilkan lulusan ( output ) yang cerdas, kompetitif, dan mandiri.
·      Mencapai prestasi juara, baik akademik maupun non akademik.
·      Menghasilkan insan yang beriman dan bertaqwa.
·      Menghasilkan insan yang terbiasa hidup sehat, disiplin, berbudi pekerti  luhur dan santun dalam pergaulan.
O.   Mewujudkan sekolah berbudaya lingkungan yang terinci sebagai berikut :
·      Memenuhi kelengkapan – kelengkapan Sekolah Berbudaya Lingkungan
·      Menghasilkan implementasi Sekolah Berbudaya Lingkungan pada warga sekolah
·      Meningkatkan kepedulian masyarakat di sekitar  sekolah terhadap pemeliharaan Lingkungan.
·      Pada penyusunan Dokumen II nilai-nilai yang  dikembangkan, tertuang didalam Silabus dan RPP.
P.    Perencanaan dan Pelaksanaan Pendidikan Karakter
Penyelenggaraan pendidikan karakter di SMP dilakukan secara terpadu melalui 3 (tiga) jalur, yaitu: Integrasi Melalui Mata Pelajaran, Integrasi  melalui Muatan Lokal,  dan Pengembangan Diri.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar