LAPORAN PENGEMBANGAN
PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA
DI SMP PLUS AL
FATIMAH BOJONEGORO
A. STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP PLUS AL
FATIMAH BOJONEGORO
1 Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran dalam kerangka
pengembangan karakter peserta didik dapat menggunakan pendekatan kontekstual
sebagai konsep belajar dan mengajar yang membantu guru dan peserta didik
mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata, sehingga
peserta didik mampu untuk membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya
dengan penerapannya dalam kehidupan mereka. Dengan begitu, melalui pembelajaran
kontekstual peserta didik lebih memiliki hasil yang komprehensif tidak hanya
pada tataran kognitif (olah pikir), tetapi pada tataran afektif (olah hati,
rasa, dan karsa), serta psikomotor (olah raga).
Di SMP Plus Al Fatimah dalam Kegiatan
Pembelajaran sudah menggunakan Pembelajaran
kontekstual yang mencakup beberapa strategi, yaitu: (a) pembelajaran berbasis masalah, (b)
pembelajaran kooperatif, (c) pembelajaran berbasis proyek, (d) pembelajaran
pelayanan, dan (e) pembelajaran berbasis kerja. Di dalam kegiatan
pembelajarannya yang terjabarkan dalam RPP sudah memuat karakter cerdas,
berpikir terbuka, tanggung jawab, rasa ingin tahu.
2 Pengembangan Budaya Sekolah dan Pusat
Kegiatan Belajar
Pengembangan budaya sekolah dan pusat
kegiatan belajar dilakukan melalui kegiatan pengembangan diri, yaitu:
a)
Kegiatan rutin di SMP Plus Al Faatimah
Kegiatan rutin yaitu kegiatan yang
dilakukan peserta didik di SMP Plus Al Fatimah secara terus menerus dan
konsisten setiap saat. Kegiatan rutin yang ada di SMP Plus Al Fatimah adalah upacara
hari Senin, upacara besar kenegaraan, pemeriksanaan kebersihan badan, piket
kelas, shalat berjamaah, Sholat Tahajud, Tadarus, berbaris ketika masuk kelas,
berdo’a sebelum pelajaran dimulai dan diakhiri, dan menjalankan 5S (Salam,
Sapa, Senyum, Sopan, Santun) apabila bertemu guru, tenaga pendidik, Wali Murid
dan Siapa Saja yang berada di lingkungan Sekolah.
b)
Kegiatan spontan
Kegiatan yang dilakukan
peserta didik secara spontan pada
saat itu juga, Kegiatan yang ada di SMP Plus Al Fatimah adalah mengumpulkan
sumbangan ketika ada teman yang terkena musibah atau sumbangan untuk masyarakat
ketika terjadi bencana.
c)
Keteladanan
Merupakan perilaku dan
sikap guru dan
tenaga kependidikan dan
peserta didik dalam memberikan contoh melalui
tindakan-tindakan yang baik sehingga
diharapkan menjadi panutan bagi peserta didik lain. Keteladanan Di SMP Plus Al
Fatimah adalah nilai disiplin Sholat Berjamaah, kebersihan dan kerapihan asrama
dan Kelas, kasih sayang kepada sesama teman, kesopanan, perhatian, jujur, dan
kerjakeras.
d)
Pengkondisian
Pengkondisian yaitu penciptaan kondisi
yang mendukung keterlaksanaan pendidikan karakter, misalnya kondisi toilet yang
bersih, tempat sampah, halaman yang hijau dengan pepohonan, poster kata-kata
bijak yang dipajang di lorong sekolah dan di dalam kelas.
3
Kegiatan ekstrakurikuler
Demi terlaksananya ekstrakurikuler yang
mendukung pendidikan karakter, perlu didukung dengan perangkat pedoman
pelaksanaan, pengembangan kapasitas sumber daya manusia dalam rangka mendukung
pelaksanaan pendidikan karakter, dan revitalisasi kegiatan ekstrakurikuler yang sudah ada ke arah pengembangan
karakter.
Kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMP
Plus Al Fatimah antara lain:
Ø
Hadrah
Ø
Qiroah
Ø
Kaligrafi
Ø
Pramuka
Ø
Bela Diri
Ø
Muhadasa
Semua ekstrakurikuler yang ada di SMP
Plus Al Fatimah memiliki pedoman ke arah pengembangan karekter seperti nilai
religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, Rasa ingin
tahu, demokratis, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi,
bersahabat/komunikatif dll.
4
Kegiatan keseharian di rumah dan di masyarakat
Dalam kegiatan ini sekolah dapat
mengupayakan terciptanya keselarasan antara karakter yang dikembangkan di
sekolah dengan pembiasaan di rumah dan masyarakat. Agar pendidikan karakter dapat dilaksanakan
secara optimal, pendidikan karakter dapat diimplementasikan sebagaimana yang terdapat
dalam Tabel di bawah ini.
Tabel 1. Implementasi Pendidikan Karakter
dalam KTSP
B.
Penambahan Alokasi Waktu Pembelajaran
Di SMP Plus Al Fatimah melakukan
penambahan waktu untuk pendidikan karakter yang diintegrasikan dalam ko-kurikuler
dan ekstrakurikuler.
Penambahan alokasi waktu pembelajaran di
SMP Plus Al Fatimah adalah sebagai berikut:
1. Sebelum pembelajaran di mulai, setiap
hari seluruh siswa diminta Sholat Dhuha Berjama’ah, membaca surat-surat pendek
dari kitab suci, melakukan refleksi (masa hening) selama 25 s.d 30 menit yaitu
pukul 06.30-07.30 WIB.
2. Di setiap selesai sholat jama’ah
Dhuhur sebelum pembelajaran dimulai dilakukan kegiatan muhadarah (berkumpul di
Masjid sekolah) selama 35 menit. Kegiatan itu berupa baca Al-Quran dan
terjemahan, maupun siswa berceramah dengan tema keagamaan Islam dalam beberapa
bahasa (bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Arab, serta bahasa asing
lainnya), kegiatan ajang kreatifitas seperti: menari, bermain musik dan baca
puisi. Selain itu juga dilakukan kegiatan bersih lingkungan dihari Jum’at yaitu
pukul 14.00-15.00 WIB.
C.
Penilaian Keberhasilan
Untuk mengukur tingkat keberhasilan
pelaksanaan pendidikan karakter di SMP Plus Al Fatimah dilakukan melalui
berbagai program penilaian dengan membandingkan kondisi
awal dengan pencapaian dalam
waktu tertentu. Penilaian keberhasilan tersebut dilakukan
melalui langkah-langkah berikut:
1. Menetapkan indikator dari
nilai-nilai yang ditetapkan atau disepakati
2. Menyusun berbagai instrumen
penilaian
3. Melakukan pencatatan terhadap
pencapaian indikator
4. Melakukan analisis dan evaluasi
5. Melakukan tindak lanjut
D.
Pengembangan Kurikulum Berkarakter di SMP Plus
Al Fatimah
1
Komponen KTSP
Pendidikan
karakter merupakan satu kesatuan program kurikulum satuan pendidikan. Oleh
karena itu program pendidikan karakter secara dokumen diintegrasikan ke dalam
kurikulum SMP Plus Al Fatimah. Dengan kata lain, pendidikan karakter telah
tertera dalam KTSP mulai dari visi,
misi, tujuan, struktur dan muatan kurikulum, kalender pendidikan, silabus,
rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
2
Tahapan Pengembangan
Pelaksanaan
pendidikan karakter di SMP Plus Al Fatimah perlu melibatkan seluruh warga, orangtua siswa, dan
masyarakat sekitar SMP Plus Al Fatimah. Prosedur pengembangan kurikulum yang
mengintegrasikan pendidikan karakter di satuan pendidikan dilakukan melalui
tahapan sebagai berikut:
1.
Melaksanakan sosialisasi pendidikan karakter dan melakukan komitmen bersama antara seluruh
komponen warga sekolah (tenaga pendidik dan kapendidikan serta komite sekolah).
2.
Membuat komitmen dengan semua
stakeholder (seluruh warga sekolah, orang tua siswa, komite, dan tokoh
masyarakat setempat) untuk mendukung pelaksanaan pendidikan karakter.
3.
Melakukan analisis konteks terhadap kondisi sekolah (internal dan eksternal)
yang dikaitkan dengan nilai-nilai karakter yang akan dikembangkan pada satuan
pendidikan yang bersangkutan. Analisis
ini dilakukan untuk menetapkan nilai-nilai dan indikator keberhasilan yang
diprioritaskan, sumber daya, sarana yang diperlukan, serta prosedur penilaian
keberhasilan.
4.
Menyusun rencana aksi sekolah berkaitan dengan penetapan nilai-nilai pendidikan
karakter.
5.
Membuat perencanaan dan program pelaksanaan pendidikan karakter, yang berisi:
·
Pengintegrasian melalui pembelajaran
·
Penyusunan mata pelajaran muatan lokal Kegiatan
lain
·
Penjadwalan dan penambahan jam belajar di
sekolah
6.
Melakukan pengkondisian, seperti:
·
Penyediaan sarana
·
Keteladanan
·
Penghargaan dan pemberdayaan
7.
Melakukan penilaian keberhasilan dan supervisi
Untuk keberlangsungan pelaksanaan pendidikan karakter perlu
dilakukan penilaian keberhasilan dengan menggunakan indikator-indikator berupa
perilaku semua warga dan kondisi sekolah/instansi yang teramati. Penilaian ini
dilakukan secara terus menerus melalui berbagai strategi. Supervisi dilakukan
mulai dari menelaah kembali perencanaan,
kurikulum, dan pelaksanaan semua kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan
karakter, yaitu:
·
Implementasi program pengembangan diri berkaitan
dengan pengembangan nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa dalam budaya
sekolah
·
Kelengkapan sarana dan prasarana pendukung
implementasi pengembangan nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa
·
Implementasi nilai dalam pembelajaran
·
Implementasi belajar aktif dalam pembelajaran
·
Ketercapaian Rencana Aksi Sekolah berkaitan
dengan penerapan nilai-nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa
·
Penilaian penerapan nilai pendidikan karakter
dan budaya bangsa pada pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik
(sebagai kondisi akhir)
·
Membandingkan kondisi awal dengan kondisi akhir
dan merancang program lanjutan.
8.
Melakukan penyusunan KTSP yang memuat pengembangan nilai-nilai pendidikan
karakter dan budaya bangsa.
·
Mendata
kondisi dokumen awal (mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan budaya dan
karakter bangsa dalam dokumen I)
·
Merumuskan nilai-nilai pendidikan karakter
dan budaya bangsa di dalam (latar
belakang pengembangan KTSP, Visi, Misi, Tujuan Sekolah, Struktur dan Muatan
Kurikulum, Kalender Pendidikan, dan program Pengembangan Diri)
·
Mengitengrasikan nilai-nilai pendidikan karakter
dan budaya bangsa dalam dokumen II (silabus dan RPP)
E.
Penyiapan Perangkat dalam rangka Pelaksanaan
Pendidikan Karakter di SMP Plus Al Fatimah
Terkait dengan penyiapan perangkat itu telah dilakukan
kegiatan-kegiatan berikut:
1. Pembentukan Tim “Penggerak”
Pendidikan Berkarakter Bangsa di SMP Plus Al Fatimah
2. Menyiapkan bahan pelaksanaan
pendidikan karakter di SMP Plus Al Fatimah
3. Penyiapan bahan sosialisasi berupa
bahan/materi pelatihan untuk pelaksanaan pendidikan karakter diperuntukan bagi
semua warga SMP Plus Al Fatimah
F.
PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER
1.
Profil SMP Plus Al Fatimah Bojonegoro
PROFIL PONDOK
PESANTREN DAN SMP
A. PROFIL
PONDOK PESANTREN
1.
Identitas
a.
|
Nama Pondok Pesantren
|
:
|
Al Fatimah
|
b.
|
Nama Yayasan/Badan Hukum Penyelenggara Pondok
|
:
|
LPI Al Fatimah
|
c.
|
Tahun Berdiri Pondok
|
:
|
2006
|
d.
|
Nama Pimpinan/Pengasuh
Pondok
|
:
|
Drs. K. H.
Tamam Syaifuddin, M.Si.
|
e.
|
Nomor Statistik
Pondok Pesantren pada Kandepag
|
:
|
413 35 2214
401
|
f.
|
Alamat pondok (Jalan, No. jalan, Desa/Kelurahan, RT, RW)
|
:
|
Jl. Pondok
Bambu No. 01
Ds. Sukorejo –
Bojonegoro
|
g.
|
Kecamatan
|
:
|
Bojonegoro
|
h.
|
Kab/Kota
|
:
|
Bojonegoro
|
i.
|
Provinsi
|
:
|
JAWA TIMUR
|
j.
|
Telepon/Fax
|
:
|
( 0353) 893488
/891894
|
k.
|
E-mail
|
:
|
|
No
|
Mukim/Tidak Mukim
|
Jumlah (orang)
|
a.
|
Santri Mukim
|
344
|
b.
|
Santri Tidak Mukim
|
|
c.
|
Santri seluruhnya
|
|
3.
Kepemilikan Tanah
No
|
Status Kepemilikan
|
Luas (m2)
|
a.
|
Milik
Pengasuh/Kyai/Pribadi Lainnya
|
|
b.
|
Milik Pondok/Yayasan
|
5000
|
c.
|
Wakaf
|
56
|
d.
|
Pinjam
|
|
e.
|
Negara
|
|
f.
|
…………………………………………..
|
|
|
Jumlah
|
5000
|
4.
Jumlah bangunan pondok dan
Kapasitas Daya tampung
No
|
Unit
|
Kapasitas daya Tampung (orang)
|
a.
|
Unit I
|
113
|
b.
|
Unit II
|
90
|
c.
|
Unit III
|
69
|
d.
|
Unit IV
|
272
|
e.
|
Unit V
|
100
|
|
Jumlah
|
644
|
5.
Ciri khas Pesantren *) :
Bahasa Asing
*) Keterangan:
·
Kegiatan
pendidikan atau selain pendidikan yang pelaksanaannya paling dominan, misalnya
: Tafsir Qur’an/Tahfizh Qur’an/ Hadits/ Fiqih/ Ushul Fiqih/Ilmu Alat/Tasawwuf/ Bahasa Asing/ Pendidikan Akhlaq/Pertanian/
Keterampilan/ IT/Umum/dan sebagainya.
· Hanya diisi satu jenis yang paling
dominan.
6.
Satuan Pendidikan yang Diselenggarakan
a. Satuan Pendidikan Keagamaan
No
|
Jenis
|
Jml. Rombel
|
Jml. Peserta Didik
|
1)
|
Pengajian Kitab
|
|
|
2)
|
Madin
Ula
|
|
|
3)
|
Madin
Wustha
|
9
|
271
|
4)
|
Madin
Ulya
|
|
|
5)
|
Ma’had Aly
|
|
|
6)
|
Pendidikan Tinggi Keagamaan
|
|
|
7)
|
……………………………………
|
|
|
b.
Satuan Pendidikan Umum
No
|
Jenis
|
Jml. Rombel
|
Jml. Peserta Didik
|
1)
|
Madrasah Ibtidaiyah (MI)
|
|
|
2)
|
Madrasah Tsanawiyah (MTs)
|
|
|
3)
|
Madrasah Aliyah (MA)
|
|
|
4)
|
Madrasah Aliyah Kejuran (MAK)
|
|
|
5)
|
Sekolah dasar (SD)
|
|
|
6)
|
Sekolah Menengah Pertama (SMP)
|
9
|
271
|
7)
|
Sekolah Menengah Atas (SMA)
|
2
|
42
|
8)
|
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
|
|
|
9)
|
Pendidikan Kesetaraan Paket A
|
|
|
10)
|
Pendidikan Kesetaraan Paket B
|
|
|
11)
|
Pendidikan Kesetaraan Paket C
|
|
|
12)
|
Program Wajar Dikdas PPS Ula
|
|
|
13)
|
Program Wajar Dikdas PPS Wustha
|
|
|
14)
|
Pendidikan Tinggi Umum
|
|
|
15.)
|
…………
|
|
|
7. Kegiatan Pendidikan Lainnya
(Diisi
kegiatan pendidikan selain yang disebutkan pada butir 6, misalnya bidang
pendidikan ubudiyah, keterampilan, kursus, dan sebagainya)
No
|
Bidang
|
Bentuk Kegiatan
|
1.
|
Ubudiyah
|
Sholat Dhuha,
Qiyamul Lail, Muhafadhoh
|
2.
|
Keterampilan
|
Membuat taplak
Meja dan Vas Bunga
|
3.
|
Kursus
|
|
4.
|
………………
|
|
8. Kegiatan Pesantren selain Pendidikan
(Diisi
kegiatan pondok selain pendidikan, misalnya
bidang: ekonomi, sosial, olah
raga/kesehatan, dan sebagainya)
No
|
Bidang
|
Bentuk Kegiatan
|
1.
|
Ekonomi
|
|
2.
|
Sosial
|
Membagi beras
kepada fakir miskin
|
3.
|
Olah Raga/
Kesehatan
|
|
4.
|
……………………
|
|
9.
Jumlah Kyai/Pengasuh/Ustadz/Tenaga
Adminsitrasi
No
|
Jabatan
|
Jumlah
Seluruh
nya
|
Jumlah
Menurut Pendidikan Terakhir
|
|||||||
Pesantren*)
|
Pendidikan
Formal
|
|||||||||
DN
|
LN
|
S2/
S3
|
S1/
D4
|
SM/
D3
|
D2
|
SLTA
|
SD/
SLTP
|
|||
1.
|
Kyai/Pengasuh/Pengurus
|
1
|
√
|
|
1
|
|
|
|
|
|
2.
|
Ustadz/Ustadzah
|
27
|
√
|
|
2
|
23
|
|
2
|
|
|
3.
|
Tenaga
Adminstrasi
|
4
|
√
|
|
|
2
|
|
|
2
|
|
4.
|
Jumlah
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
*)DN= Dalam Negeri; LN = Luar Negeri
10.
Manhaj/Kurikulum
a.
Manhaj pesantren : (pilih
yang sesuai)
|
Penjenjangan
berdasarkan ketuntasan kitab
|
v
|
Penjenjangan
berdasarkan kelas
|
|
Kombinasi
|
|
Lainnya
|
b.
Keterpaduan manhaj dengan kurikulum SMP/KTSP
|
Terpisah (tidak
berkaitan sama sekali)
|
|
Terintegrasi
(pelajaran pesantren menyatu dalam kurikulum SMP)
|
v
|
Tersinergi
(terpisah, tetapi saling menunjang)
|
11.
Waktu belajar pesantren
|
Pagi
|
|
v
|
Pagi+Sore
|
|
Sore
|
|
|
Pagi+Malam
|
|
Malam
|
|
|
Sore+Malam
|
Keterangan
: Pagi: 08.00-13.00; Sore: 14.00-18.00; Malam: 19.00-24.00
|
B.
PROFIL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
1.
Identitas
a.
|
Nama Sekolah
|
:
|
SMP Plus Al Fatimah
|
b.
|
Alamat sekolah
(Jalan, No. jalan,
Desa/Kelurahan, RT, RW), Kecamatan, Kab/Ko, Provinsi
|
:
|
Jl. Pondok Bambu No.01
RT 33 RW 8 Ds. Sukorejo Kec.Bojonegoro
Kab.. Bojonegoro Provinsi JAWA TIMUR
|
c.
|
No. Telp/Fax
sekolah
|
:
|
(0353) 893488 /891894
|
|
E-mail sekolah
|
:
|
|
d.
|
Tahun Didirikan/Beroperasi
|
:
|
2007
|
e.
|
Nomor Statistik Sekolah
|
:
|
202050501134
|
f.
|
Nama Kepala Sekolah dan
|
:
|
Abdul Fatah,
S.Pd.
|
|
No Telp/HP Kepala ekolah
|
:
|
085732715640
|
|
E-mail Kepala Sekolah
|
:
|
|
g.
|
Nilai Akreditasi Sekolah
|
:
|
|
h.
|
Kategori Sekolah
|
:
|
|
2. Waktu belajar SMP
|
Pagi
|
|
V
|
Pagi+Sore
|
|
Sore
|
|
|
Pagi+Malam
|
|
Malam
|
|
|
Sore+Malam
|
Keterangan
: Pagi: 08.00-13.00; Sore: 14.00-18.00; Malam: 19.00-24.00
|
3. Kepemilikan Tanah SMP
No
|
Status Kepemilikan
|
Luas (m2)
|
a.
|
Milik
Pengasuh/Kyai/Pribadi Lainnya
|
|
b.
|
Milik Pondok/Yayasan
|
5.000
|
c.
|
Wakaf
|
56
|
d.
|
Pinjam
|
|
e.
|
Negara
|
|
f.
|
…………………………………………..
|
|
|
Jumlah
|
5.000
|
|
Sudah ada bangunan
|
2.500
|
|
Belum ada bangunan
|
2.500
|
4.
Siswa
a.
Jumlah Siswa Tiga
Tahun Terakhir
Tahun Pelajaran
|
Pendaf tar
|
Kelas VII
|
Kelas VIII
|
Kelas IX
|
Jumlah Kls
VII + VIII + IX
|
||||
Siswa
|
Rom
Bel
|
Siswa
|
Rom
bel
|
Siswa
|
Rom
bel
|
Siswa
|
Rom
bel
|
||
2008/2009
|
50
|
46
|
2
|
|
|
|
|
46
|
2
|
2009/2010
|
70
|
63
|
2
|
46
|
2
|
|
|
109
|
4
|
2010/2011
|
150
|
94
|
3
|
63
|
2
|
46
|
2
|
203
|
7
|
b.
Jumlah Siswa SMP Tahun 2011/2012 yang Mukim dan Tidak
Mukim
Kelas VII
|
Kelas VIII
|
Kelas IX
|
Jumlah Kls
VII + VIII + IX
|
||||
Mukim
|
T. Mukim
|
Mukim
|
T. Mukim
|
Mukim
|
T. Mukim
|
Mukim
|
T. Mukim
|
94
|
|
69
|
|
63
|
|
226
|
|
5.
Pendidik dan Tenaga
Kependidikan
a.
Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah
No
|
Jabatan
|
Nama
|
Pend.
Terakhir*)
|
Masa Kerja (Th)
|
|
1.
|
Kepala
Sekolah
|
Abdul Fatah, S.Pd.
|
S1
|
6
|
|
2.
|
Wakil
Kep. Sekolah I
|
Fatkhur Rokhim, S.PdI
|
S1
|
6
|
|
3.
|
Wakil
Kep. Sekolah II
|
|
|
|
|
4.
|
Wakil
Kep. Sekolah III
|
|
|
|
*) Diisi S2/S3/S1/D4/Sarmud/D3/SLTA/SLTP
b.
Jumlah Guru menurut
Latar Belakang Pendidikan
No
|
Guru Mata Pelajaran
|
Pendidikan Terakhir
|
Jumlah
5+6
|
|||
S1/D4/Akta IV/S2/S3
|
Belum S1/D4
|
|||||
Sesuai
|
Tidak Sesuai
|
Jumlah
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1.
|
Pdd. Agama
|
1
|
|
1
|
|
1
|
2.
|
Bahasa Indonesia
|
2
|
|
2
|
|
2
|
3.
|
Matematika
|
2
|
|
2
|
|
2
|
4.
|
Ilmu Peng. Alam
|
4
|
|
4
|
|
4
|
5.
|
Bahasa Inggris
|
2
|
|
2
|
|
2
|
6.
|
Ilmu Peng. Sosial
|
1
|
|
1
|
|
1
|
7.
|
Penjaskes
|
1
|
|
1
|
|
1
|
8.
|
Seni
Budaya
|
2
|
|
2
|
|
2
|
9.
|
PPKn
|
2
|
|
2
|
|
2
|
10.
|
TIK
|
3
|
|
3
|
|
3
|
11.
|
Keterampilan
|
|
|
|
|
|
12.
|
BK
|
1
|
|
1
|
|
1
|
13.
|
…………………………….
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
21
|
|
21
|
|
21
|
Keterangan : Sesuai
= Memiliki latar belakang pendidikan sekurang-kurangnya S1, sesuai dengan mata
pelajaran yang diajarkan. Tidak Sesuai = Memiliki latar belakang
pendidikan sekurang-kurangnya S1, tetapi tidak sesuai dengan mata pelajaran
yang diajarkan.
c.
Tenaga
Kependidikan
No
|
Jenis Tenaga Pendukung
|
Jumlah Tenaga Pendukung dan
Kualifikasi Pendidikannya
|
Jumlah
|
||
SD/SMP/SMA
|
D1/D2/D3/
Sarmud
|
S1/S2/S3
|
|||
1.
|
Tata
Usaha
|
2
|
|
2
|
4
|
2.
|
Perpustakaan
|
|
|
1
|
1
|
3.
|
Laboran
IPA
|
|
|
1
|
1
|
4.
|
Teknisi
Komputer
|
|
|
1
|
1
|
5.
|
Laboran
Lab. Bahasa
|
|
|
1
|
1
|
6.
|
PTD
(Pdd.Teknologi Dasar )
|
|
|
|
|
7.
|
Kantin
|
|
|
1
|
1
|
8.
|
Penjaga
Sekolah
|
|
|
1
|
1
|
9.
|
Tukang
Kebun
|
|
|
1
|
1
|
10.
|
Keamanan
|
|
|
1
|
1
|
11.
|
Lainnya
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
12
|
6. Ruang
Belajar, Ruang Kantor, dan Ruang Penunjang
a. Ruang Belajar
No
|
Kondisi
|
Jumlah
(lokal)
|
Keterangan Kondisi Kerusakan
|
1.
|
Baik
|
9
|
<15%
|
2.
|
Rusak
Ringan
|
|
15% - < 30 %
|
3.
|
Rusak
sedang
|
|
30% - <45%
|
4.
|
Rusak
Berat
|
|
45% - 65%
|
5.
|
Rusak
Total
|
|
>65%
|
|
Jumlah
|
9
|
|
b. Ruang Belajar
Lain
No
|
Jenis
Ruang
|
Kondisi
|
Jumlah
|
||||
Baik
|
Rusak
Ringan
|
Rusak
Sedang
|
Rusak
Berat
|
Rusak
Total
|
|||
1.
|
Perpustakaan
|
1
|
|
|
|
|
1
|
2.
|
Lab IPA
|
1
|
|
|
|
|
1
|
3.
|
Keterampilan
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Multimedia
|
1
|
|
|
|
|
1
|
5.
|
Kesenian
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
3
|
|
|
|
|
3
|
c.
Ruang
Kantor
No
|
Jenis
Ruang
|
Kondisi
|
Jumlah
|
||||
Baik
|
Rusak
Ringan
|
Rusak
Sedang
|
Rusak
Berat
|
Rusak
Total
|
|||
1.
|
Kepala Sekolah
|
1
|
|
|
|
|
1
|
2.
|
Wakil Kepala Sekolah
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Guru
|
1
|
|
|
|
|
1
|
4.
|
Tata Usaha
|
1
|
|
|
|
|
1
|
5.
|
Tamu
|
1
|
|
|
|
|
1
|
|
Jumlah
|
4
|
|
|
|
|
4
|
7.
Prestasi Akademik
a.
Rata-rata Nilai UN Tiga Tahun Terakhir
No
|
Tahun Pelajaran
|
|
Rata - rata Nilai UN
|
|||||
Bhs. Indonesia
|
Mate
matika
|
Bhs. Inggris
|
IPA
|
Jumlah
|
Rata-rata
|
|||
1.
|
2008/2009
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
2009/2010
|
8,56
|
8,70
|
7,57
|
9,28
|
34,11
|
34,11
|
|
3.
|
2010/2011
|
7,90
|
8,52
|
8,65
|
9,07
|
34,14
|
34,14
|
|
b.
Peringkat
Rerata Nilai UN Tiga Tahun Terakhir
No
|
Tahun Pelajaran
|
Peringkat
|
||
Tingkat Kecamatan
|
Tingkat Kab/kota
|
Tingkat Propinsi
|
||
1.
|
2008/2009
|
|
|
|
2.
|
2009/2010
|
|
2
|
5
|
3.
|
2010/2011
|
|
2
|
|
c.
Angka
Kelulusan dan Melanjutkan Tiga Tahun Terakhir
No
|
Tahun Ajaran
|
Jumlah Peserta Ujian
|
Lulus
|
Melanjutkan
|
Tidak melanjutkan
|
|||
Orang
|
(%)
|
Orang
|
%
|
Orang
|
%
|
|||
1.
|
2008/2009
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
2009/2010
|
46
|
46
|
100 %
|
46
|
100 %
|
|
|
3.
|
2010/2011
|
63
|
63
|
100 %
|
63
|
100 %
|
|
|
d.
Prestasi
akademik lainnya
(Lomba-lomba
ilmiah yang pernah diikuti dan hasilnya)
No
|
Jenis Lomba
|
Tingkat
|
Peringkat
|
1.
|
LKIR Remaja ( CERIS )
|
Nasional
|
Harapan 2 dan 3
|
2.
|
OSN Fisika dan Matematika
|
Provinsi
|
|
3.
|
Story Telling
|
Kabupaten
|
I
|
4.
|
LKIR dan Debat APBD
|
Provinsi
|
III
|
5.
|
Siswa Teladan Berprestasi
|
Kabupaten
|
I
|
6.
|
Porseni
|
Provinsi
|
|
7.
|
Pidato PAI
|
Nasional
|
|
8.
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
8. Prestasi nonakademik
(Lomba olah
raga, kesenian, dan kegiatan nonakademik lain yang pernah diikuti dan hasilnya)
No
|
Jenis Lomba
|
Tingkat
|
Peringkat
|
1.
|
Pidato Bahasa Inggris
|
Kabupaten
|
1 Dan 2
|
2.
|
Story Telling
|
Kabupaten
|
1 dan 2
|
3.
|
Deklamasi Puisi
|
Kabupaten
|
1
|
4.
|
CERIS (Cerita Remaja Islam Nasional)
|
Nasional
|
Harapan 2dan Harapan 3
|
5.
|
MTQ
|
Kabupaten
|
2
|
6.
|
Pekan Olahraga dan Seni
|
Kabupaten
|
Harapan 3
|
7.
|
Siswa Teladan
|
Kabupaten
|
3
|
8.
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
9.
Kegiatan ekstra kurikuler
No
|
Jenis Kegiatan
|
1.
|
Pramuka
|
2.
|
PMR
|
3.
|
Kaligrafi dan Qiro’ah
|
4.
|
KIR
|
5.
|
Teater
|
6.
|
Seni Hadrah Balasic
|
7.
|
Muhafadhoroh ( B. Indo, B. Inggris, B.
Arab, B. Mandarin )
|
8.
|
|
9.
|
|
10.
|
|
11.
|
|
12.
|
|
10.
Kegiatan Keterampilan
No
|
Jenis Kegiatan
|
1.
|
Cipta Kreasi dan Menghias Jilbab
|
2.
|
Pengolahan Produk makanan
|
3.
|
Kreasi dan seni Batik
|
4.
|
|
5.
|
|
6.
|
|
7.
|
|
8.
|
|
9.
|
|
10.
|
|
11.
|
|
12.
|
|
G.
Rancangan Rencana Aksi Sekolah SMP Plus Al
Fatimah Bojonegoro
H.
Menyusun Dokumen Kurikulum
Pada penyusunan
dokumen I, nilai-nilai yang akan dikembangkan secara struktur dan
terprogram dituangkan dalam visi, misi
dan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, seperti yang tertulis dibawah ini:
Visi
“UNGGUL DALAM PRESTASI, BERPIJAK PADA
IMTAQ DAN IPTEK BERDASARKAN NILAI-NILAI BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA”
Misi
Sekolah yang memiliki visi “UNGGUL DALAM PRESTASI BERDASARKAN IMTAQ BERDASARKAN NILAI-NILAI BUDAYA DAN KARAKTER
BANGSA” merumuskan misinya sebagai berikut :
·
Melaksanakan pembelajaran dan
bimbingan secara efektif, sehingga setiap siswa berkembang secara
optimal,sessuai dengan potensi yang dimiliki.
·
Menumbuhkan
semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga
sekolah.
·
Mendorong dan membantu setiap
siswa untuk mengenali potensi dirinya,sehingga
dapat dikmbangkan secara optimal.
·
Menumbuhkan penghayatan
terhadap ajaran agama yang dianut dan juga budaya bangsa sehingga menjadi
sumber kearifan dalam bertindak
·
Menerapkan manajemen
partisiptif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan kelompok kepentingan
yang terkait dengan sekolah (stakeholders).
·
Mendidik siswa untuk memiliki
pengetahuan, keterampilan dan sikap hingga menjadi lulusan yang memiliki
kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, beriman dan
berahlak mulia melalui proses PAIKEM;
·
Meningkatkan peran serta warga
sekolah dalam Perilaku Hidup Bersih , Hidup Sehat dan peduli lingkungan sekolah
secara mandiri dan bersama-sama agar menjadi budaya sekolah.
·
Menciptakan sekolah Berbudaya
Lingkungan,kondusif dan memadai sebagai tempat proses pendidikan yang
menyenangkan;
Tujuan
Misi merupakan kegiatan jangka panjang
yang masih perlu diuraikan menjadi beberapa kegiatan yang memiliki tujuan lebih
detil dan lebih jelas. Berikut
ini jabaran tujuan yang diuraikan dari visi dan misi di atas.
Tujuan SMP Plus Al Fatimah Bojonegoro
Tujuan sekolah kami merupakan jabaran dari visi dan misi sekolah agar komunikatif
dan bisa diukur sebagai berikut:
1.
Unggul dalam kegiatan keagamaan dan kepedulian sekolah.
2. Unggul dalam perolehan nilai UN.
3.
Unggul dalam persaingan masuk ke jenjang SMA Unggulan/Favorit.
4. Unggul dalam penerapan ilmu pengetahuan dan
teknologi, terutama bidang sains dan matematika.
5.
Unggul dalam lomba olah raga, kesenian, PMR, Paskibra, dan Pramuka.
6.
Unggul dalam kebersihan dan penghijauan sekolah.
7. Meningkatkan pembelajaran yang inovatif dan kreatif
melalui pengembangan kurikulum yang adaptif dan proaktif Berbudaya Lingkungan dengan rincian sebagai berikut :
·
Memenuhi kelengkapan administrasi kurikulum SMP
Plus Al Fatimah.
·
Menghasilkan perangkat pembelajaran yang
inovatif dan kreatif melalui pembelajaran aktif.
·
Memiliki program muatan lokal Pendidikan
Lingkungan Hidup dan Sekolah
·
Berbudaya Lingkungan yang sesuai dengan kondisi
lingkungan masyarakat sekitar.
·
Mengembangkan
proses pembelajaran yang sesuai dengan SNPdengan rincian
sebagai berikut :
Ø
Memenuhi prinsip pembelajaran terkini/mutakhir.
Ø
Menghasilkan proses PAIKEM ( Pembelajaran,
Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan )
Ø
Pencapaian ketersediaan bahan dan sumber belajar
yang memadai.
I.
Mengembangkan
sistem Penilaian pendidikansesuai standar penilaian yang terinci sebagai
berikut :
·
Menghasilkan perangkat/instrumen penilaian
pembelajaran yang relevan.
·
Menghasilkan implementasi penilaian pembelajaran
yang realiabel.
·
Menghasilkan pedoman penilaian pembelajaran yang
valid.
·
Menghasilkan implementasi tindak lanjut
pembelajaran yang berkesinambungan.
J.
Meningkatkan
kualifikasi tenaga pendidik yang terinci sebagai berikut :
·
Memenuhi kebutuhan tenaga pendidik yang kompeten
dan professional.
·
Pencapaian standar kualifikasi tenaga pendidik
dengan bukti sertifikasi
K.
Meningkatkan transparansi dan akuntabilitas
manajemen sekolah yang terinci sebagai berikut :
·
Memenuhi kelengkapan – kelengkapan sekolah
sesuai SNP
·
Menghasilkan implementasi manajemen sekolah
sesuai SNP.
·
Menghasilkan jaringan informasi internal dan
kerja secara horizontal maupun vertical.
·
Pencapaian penggalangan partisipasi masyarakat
dengan pemberdayaan komite sekolah.
·
Menjadikan sekolah sebagai sekolah yang peduli
dan berbudaya lingkungan.
L.
Menggalang pembiayaan pendidikan yang memadai
yang terinci sebagai berikut:
·
Menjalin kerjasama timbal balik dengan
stakeholder.
·
Menciptakan usaha dengan pendayagunaan potensi
yang ada.
·
Menerapkan sistem subsidi silang yang tepat
sasaran.
·
Menumbuhkembangkan kesadaran orangtua dalam
memenuhi kewajiban keuangan.
M. Meningkatkan
sarana dan prasarana pendidikan berwawasan lingkungan yang terinci sebagai
berikut :
·
Memenuhi ketersediaan media pembelajaran yang
memadai dan relevan.
·
Menciptakan iklim pembelajaran, aktif, Inovatif,
kreatif, efektif dan menyenangkan.
·
Memberdayakan usaha-usaha kecil di sekolah untuk
mendapatkan income of generating activities (pendapatan yang diperoleh dari
kegiatan-kegiatan wirausaha yang dilaksanakan di sekolah)
·
Menghasilkan peserta didik yang sehat, cerdas,
dan berbudaya lingkungan.
N.
Menghasilkan lulusan dengan prestasi akademik
yang baik ditunjang prestasi non akademik yang terinci sebagai berikut :
·
Memenuhi prinsip ( aturan ) standar ketuntasan
belajar dan kelulusan.
·
Menghasilkan lulusan ( output ) yang cerdas,
kompetitif, dan mandiri.
·
Mencapai prestasi juara, baik akademik maupun
non akademik.
·
Menghasilkan insan yang beriman dan bertaqwa.
·
Menghasilkan insan yang terbiasa hidup sehat,
disiplin, berbudi pekerti luhur dan
santun dalam pergaulan.
O.
Mewujudkan sekolah berbudaya lingkungan yang
terinci sebagai berikut :
·
Memenuhi kelengkapan – kelengkapan Sekolah
Berbudaya Lingkungan
·
Menghasilkan implementasi Sekolah Berbudaya
Lingkungan pada warga sekolah
·
Meningkatkan kepedulian masyarakat di sekitar sekolah terhadap pemeliharaan Lingkungan.
·
Pada penyusunan Dokumen II nilai-nilai yang dikembangkan, tertuang didalam Silabus dan
RPP.
P.
Perencanaan dan Pelaksanaan Pendidikan Karakter
Penyelenggaraan
pendidikan karakter di SMP dilakukan secara terpadu melalui 3 (tiga) jalur,
yaitu: Integrasi Melalui Mata Pelajaran, Integrasi melalui Muatan Lokal, dan Pengembangan Diri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar