Hasil Try Out Online SMP Swasta MKKS Bojonegoro

Minggu, 16 September 2012

CONTOH OJL INDUKSI GURU PEMULA


LEMBAR KERJA RENCANA PIGP OLEH KEPALA SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2012 - 2013

No
Waktu/bulan
Kegiatan
Pihak yang terlibat

1

Bulan Juni 2012 minggu I

Melakukan analisis kebutuhan guru pemula

Guru pemula
2

Bulan Juni 2012 minggu II
Menyelenggarakan pelatihan tentang pelaksanaan program induksi bagi guru pemula
Pengawas, Kepala Sekolah
3
Bulan Juni 2012 minggu III

Menyiapkan Buku Pedoman bagi guru pemula yang memuat kebijakan sekolah, prosedur kegiatan sekolah, format administrasi pembelajaran/bimbingan dan konseling, dan informasi lain yang dapat membantu guru pemula belajar menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah.
Kepala Sekolah, Wakasek, Semua Kaur, Guru Pembimbing PIGP
4

Bulan Juni 2012 minggu IV
Menunjuk seorang pembimbing bagi guru pemula yang memiliki kriteria sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Guru Pembimbing PIGP
5
Bulan Juli 2012 minggu I

Perkenalan lingkungan sekolah dan di sekitar sekolah oleh guru pemula
Guru Pemula, Guru Pembimbing
6
Bulan Juli 2012 minggu II samppai Maret 2013 Minggu I

Pembimbingan Tahap 1
: Bertujuan untuk membimbing guru pemula dalam proses pembelajaran/ bimbingan dan konseling
Guru Pemula, Guru Pembimbing
7
Bulan Maret 2013 minggu II sampai Bulan Mei 2013 Minggu II

Pembimbingan Tahap 2 : berupa observasi pembelajaran/bimbingan dan konseling diikuti dengan ulasan dan masukan oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah, yang mengarah pada peningkatan kompetensi dalam pembelajaran/bimbingan dan konseling
Guru Pemula, Guru Pembimbing
8
Bulan Mei 2013 minggu III sampai dengan Bulan Juni 2013 minggu I

Penilaian meliputi 14 Kompetensi yang meliputi :
Kompetensi pedagogik
(1) Memahami latar belakang siswa.
(2) Memahami teori belajar.
(3) Pengembangan kurikulum.
(4) Aktivitas pengembangan pendidikan.
(5) Peningkatan potensi siswa.
(6) Komunikasi dengan siswa.
(7) Assessmen & evaluasi.
Kompetensi kepribadian
(8) Berperilaku sesuai dengan norma, kebiasaan dan hukum di Indonesia. 
(9) Kepribadian matang dan  stabil.
(10) Memiliki etika kerja dan komitmen serta  kebanggan menjadi guru.
Kompetensi sosial
(11) Berperilaku  inklusf, objektif, dan tidak pilih kasih.  
(12) Komunikasi dengan guru, pegawai sekolah,orang tua, dan masyarakat.
Kompetensi profesional
(13) Pengetahuan dan pemahaman tentang struktur, isi dan standard kompetensi mata pelajaran dan tahap-tahap pengajaran.
(14) Profesionalisme yang meningkat melalui refleksi diri.
Kepala Sekolah, Guru Pemula, Guru Pembimbing


 




 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tantangan dan Kesempatan Pembelajaran keprofesionalan

          (Refleksi kepala sekolah secara individual)      


1.     Adakah aktivitas pengembangan profesional atau kesempatan pembelajaran keprofesionalan yang diberikan kepada guru pemula di sekolah/madrasah Anda? Tuliskan kegiatan/kesempatan yang telah ada tersebut.
Jawab :
Ada yaitu kegiatan Pengetahuan dan pemahaman tentang struktur, isi dan standard kompetensi mata pelajaran dan tahap-tahap pengajaran pada guru pemula.

2.     Pilih dua aktivitas pembelajaran keprofesionalan yang telah ada di sekolah. Bagaimana aktivitas di atas dapat membantu Anda dalam menyiapkan dan melaksanakan PIGP?

Jawab :
a.    Aktivitas pemahaman struktur isi mata pelajaran dapat membantu guru pemula menguasai materi
b.    Aktivitas pemahaman Standart kompetensi mata pelajaran dapat membantu guru pemula membuat Silabus, RPP.

3.     Aktivitas pembelajaran keprofesionalan apa yang ingin Anda gunakan/berikan kepada para guru di sekolah/madrasah Anda? Misalnya, guru bekerja dalam kelompok mengobservasi pembelajaran  guru lain dan mendiskusikannya kemudian.
Jawab   :
Aktivitas pembelajaran keprofesionalan yang diberikan adalah Model-model pembelajaran dan metode pembelajaran yang di gunakannya harus PAIKEM.
         
4.     Tuliskan hambatan yang harus diatasi serta perubahan yang harus dilakukan.
Jawab :
a.    Alat-alat di laboratorium tidak lengkap diatasi dengan metode lingkungan sebagai sumber belajar
b.    Setiap kelas belum tersedia multi media yang permanen diatasi dengan bonkar pasang multi media di kelas

5.     Pilih dua hambatan dalam pembelajaran keprofesionalan guru yang Anda bimbing. Apa yang dapat Anda lakukan sekarang sehingga berpengaruh positif  bagi guru dan sekolah?
a.    Guru pemula kurang tepat dalam menggunakan metode pembelajaran sehingga kurang maksimal, guru pemula di beri arahan dalam menentukan medote pembelajaran yang tepat misalnya diskusi di ganti dengan discovery
b.    Guru pemula suaranya kurang keras dan cara menyampaikan mengunakan kata-kata yang tidak fokus pada tujuan pembelajaran, pembimbing memberi arahan merumuskan kata kunci dalam menyampaikan materi di kelas, dan tidak bermalas latihan suara keras.

Checklist  tugas induksi kepala sekolah
No.
Aktivitas yang dilakukan
Kenyataan
Ya
Tidak
1.
Apakah saya sudah melakukan penyambutan terhadap guru pemula?
V

2.
Apakah guru pemula sudah saya kenalkan kepada guru lain atau staf di sekolah?
V

3.
Apakah guru pemula sudah saya kenalkan dengan pembimbing atau staf yang akan membantunya pada awa-awal tugasnya?
V

4.
Apakah guru pemula sudah saya kenalkan terhadap lingkungan sekolah?
V

5.
Apakah saya sudah mengajak guru pemula mengunjungi ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, ruang tata usaha, dan sarana pendukung lainnya di sekolah?
V

6.
Apakah guru pemula sudah saya kenalkan dengan budaya di sekolah?
V

7.
Apakah guru pemula sudah saya kenalkan dengan kebiasaan di sekolah untuk saling menyapa bila bertemu dengan rekan?
V

8.
Apakah saya sudah mengajak guru pemula untuk melakukan pertemuan setiap pagi sebelum pelajaran dimulai?
V

9.
Apakah saya sudah mengajak guru pemula untuk memecahkan masalah, kendala, dan kesulitan-kesulitan yang ditemukan?
V

10.
Apakah saya sudah mengajak guru pemula melakukan refleksi sebelum meninggalkan sekolah?
V

11.
Apakah saya sudah mengenalkan struktur organisasi sekolah kepada guru pemula?
V

12.
Apakah saya sudah mengenalkan Kurikulum Sekolah kepada guru pemula?
V

13.
Apakah saya sudah mengenalkan visi, misi dan tujuan sekolah kepada guru pemula?
V

14.
Apakah saya sudah mengenalkan tentang prinsip-prinsip pembelajaran dan penilaian sesuai tuntutan KTSP?
V

15.
Apakah saya sudah memberikan daftar absensi siswa yang akan diajarnya?
V

16.
Apakah saya sudah memberikan buku nilai siswa yang akan diajarnya?
V

17.
Apakah saya sudah memberikan jadwal pelajaran yang berlaku tahun pelajaran berjalan?
V

18.
Apakah saya sudah memberikan format-format administrasi yang akan digunakan kelak ketika guru pemula melaksanakan tugas?
V

19.
Apakah saya sudah mengingatkan guru pemula untuk menyiapkan perangkat pembelajaran? (silabus, RPP, instrumen penilaian, LKS, media pembelajaran)
V

20.
Apakah saya sudah menyarankan guru pemula untuk mengikti kegiatan di MGMP?
V

21.
Apakah saya sudah menyampaikan kepada guru pemula untuk bersikap positif dan konstruktif?
V

22.
Apakah saya sudah menyarankan kepada guru pemula untuk mengungkapkan hal-hal yang diharapkan?
V

23.
Apakah saya sudah menyampaikan kepada guru pemula  agar siap untuk mendengarkan dengan baik ketika mengikuti pertemuan sebelum diberi kesempatan untuk menyampaikan gagasan?
V

24.
Apakah saya sudah menjelaskan kepada guru pemula untuk bersikap mendukung kebijakan sekolah yang sudah disepakati bersama?
V

25.
Apakah saya sudah menanyakan, apakah guru pemula sudah merasa aman dan nyaman bertugas di sekolah ini?
V


Topik
Cek
Catatan
Apa pengalaman terdahulu yang dimiliki guru pemula?
V
Pengalamanya masih banyak kekurangan
Apakah semua panduan kerja relevan?
V
Sudah
Apakah ada guru lain yang pembelajaran mata pembelajaran  yang sama dengan guru pemula?
V
Tidak ada
Apakah ada pembimbing yang layak?
V
Sudah layak
Apakah pembimbing perlu menjalani training tentang observasi pembelajaran?
V
Perlu
Apakah memungkinkan melibatkan KKG/MGMP untuk mendukung PIGP
V
Perlu
Apakah ada hal-hal lain yang patut dipertimbangkan dalam PIGP
V
Kejujuran guru pembimbing dalam menilai


Refleksi/ Petunjuk Evaluasi Diri untuk Guru Pemula
(Kepala sekolah diharap mengisi format ini untuk lebih memahami dari sudut mana saja guru pemula dapat dibimbing)

Perhatikan pernyataan berikut dan lengkapilah sesuai pendapat anda.  Anda dapat menggunakan pendapat yang anda tuliskan sebagai dasar anda berdiskusi dengan pembimbing tentang sasaran dan penyusunan rencana pengembangan profesional untuk pertama  atau mungkin  tahun kedua mengajar.

Lengkapi semua penyataan berikut:

a.   Saya memilih menjadi guru karena
Jawab:
Ingin menjadi guru yang profesional sehingga bisa berguna untuk diri sendiri, keluarga, masyarakat dan bangsa yaitu membantu membentuk SDM yang bermutu
b.   Alasan saya mengajar mata pelajaran di kelas karena
Jawab :
Sesuai dengan Jurusan Program Studi S-1 Saya
c.   Perasaan saya pertama kali mengajar di kelas adalah
Jawab :
Masih ada perasaan gugup
d.  Menurut saya, para siswa menyukai saya saat berada pada situasi
Jawab :
Ya, siswa menyukai saya saat pembelajaran terlihat tidak ada anak-anak yang ramai, ngantuk bahkan sering bertanya
e.  Perilaku siswa yang paling menjengkelkan saya diantaranya
Jawab :
Sering ijin ke kamar kecil, tapi saya beri peraturan maksimal 2 orang yang boleh ke kamar kecil.
f.   Saya mengetahui siswa menyukai atau tidak pelajaran saya melalui
Jawab :
Betanyaan yang berikan kepada siswa
g.  Beberapa hal yang tidak saya lakukan namun diharapkan siswa untuk dilakukan adalah
Jawab :

h.  Ketika para siswa marah di kelas, saya biasanya melakukan
Dipanggil ke depan diberi pengertian dan bersikap sabar
i.    Sebagai guru kelebihan saya dalam hal mengajar adalah
Bisa bercerita untuk memotivasi siswa
j.   Menurut saya perilaku saya yang sering menimbulkan masalah di kelas adalah
Suara kurang keras
k.  Setelah mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan di kelas saya biasanya melakukan
Menyuruh siswa untuk berdiri semua, bergerak, bersuara yang terkontrol melaui bimbingan sehingga pikiran siswa bugar kembali dan senang.
l.    Setelah mengalami hal-hal yang  menyenangkan di kelas biasanya saya
Saya lanjutkan kembali ke topik pembelajaran
m.  Pendekatan psikologis apa yang telah saya lakukan pada siswa, untuk mencapai prestasi belajar maksimal
Pujian, reward dan pendekatkan sering di sapa saat ketemu dan diskusi di luar kelas

Lembar ini merupakan evaluasi diri. Anda tidak harus menunjukkannya kepada orang lain. Gunakanlah untuk memulai pembicaraan anda dengan pembimbing tentang pengajaran di kelas
RENCANA PENGEMBANGAN PROFESIONAL  GURU PEMULA

Tujuan: tuliskan tujuan pengembangan tersebut misalnya untuk meningkatkan kemampuan guru mengelola kelas.
Cara: tuliskan bagaimana tujuan pengembangan tersebut dapat dicapai, misalnya dengan melakukan observasi pembelajaran oleh guru lain.
Kapan: diisi dengan waktu/tanggal perkiraan kegiatan untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan.
Siapa yang bisa membantu: diisi dengan nama guru lain atau orang lain yang dapat membantu mencapai tujuan tersebut.
Evaluasi: Diisi dengan bagaimana hasil dari pencapaian tujuan tersebut setelah selesai waktu kegiatan pengembangannya (kapan).

RENCANA PENGEMBANGAN PROFESIONAL  GURU PEMULA
Nama: OKTARI ARGADEWI, S.Si, M.T. Tanggal: 10 Agustus 2012
Tujuan
Cara
Kapan
Siapa Yang bisa Membantu
Evaluasi
Untuk meningkatkan kemampuan guru dalam pengelolaan kelas


Untuk bisa beradaptasi dengan iklim kerja dan budaya sekolah







Untuk Meningkatkan pekerjaannya sebagai guru profesional di sekolah




Membuat skenario pembelajaran secara rinci dan di praktekan ke guru pembimbing


Sebelum pembimbingan tahap 1 di mulai terlebih dahulu guru pemula mengamati iklim kinerja guru, lingkungan dan budaya di sekolah



Guru pemula menyiapkan semua perangkat kompetensi guru yaitu Pedagogik, kepribadian, sosial dan keprofesionalisme di guru pembimbing
Bulan Juni minggu II sampai minggu IV




Bulan Juni minggu I sampai minggu II









Bulan Juni minggu II sampai minggu IV

Guru pembimbing, guru senior





Kepala Sekolah, Guru pembimbing









Guru Pembimbing, guru senior
Penguasaan kelas guru pemula baik





Guru pemula sudah beradaptasi










Kinerja Guru pemula mendapat skor ≥ 75

Tanggal: 10 Agustus 2012

Tanda tangan guru pemula: TTD (OKTARI ARGADEWI, S.Si, M.T.)


Tanda tangan guru pembimbing: TTD (ULISTIANA, S.Si.)































Kementerian Pendidikan Nasional
Sekolah SMP PLUS AL FATIMAH BOJONEGORO
Lembar Hasil Observasi Pembelajaran Guru Pemula

Nama : OKTARI ARGADEWI, S.Si, M.T.
Sekolah/madrasah : SMP PLUS AL FATIMAH
Pendidikan : S-1 MATEMATIKA, S-2 TEKNIK
Kabupaten/Kota : BOJONEGORO
Institusi Pendidikan : S-1 UM, S-2 ITS
Provinsi : JATIM
Kelas yang dikelola : 7D
Jumlah jam per minggu : 24 JP
Mata pelajaran yang diampu : MATEMATIKA

A Jika  skor hasil observasi  4                                                           C  Jika skor hasil observasi  2
B  Jika skor hasil observasi 3                                                             D  Jika skor hasil observasi nilai 1
Kompetensi
A
(4)
B
(3)
C
(2)
D
(1)
Catatan kepala sekolah/madrasah
1. Kompetensi pedagogis
1.1  Memahami latar belakang siswa


V

Memahami latar belakan siswa perlu ditingkatkan
1.2  Memahami teori belajar

V


1.3  Pengembangan kurikulum


V


1.4  Aktivitas pengembangan pendidikan

V


1.5  Peningkatan potensi siswa

V



1.6  Komunikasi dengan siswa

V



1.7  Penilaian & evaluasi
V



2      Kompetensi kepribadian
2.1  Berperilaku sesuai dengan norma,
 kebiasaan dan hukum di Indonesia 


V

Berprilaku sesuai dengan norma pondok pesantren sekolah smp plus al fatimah perlu di tingkatkan terutama pakaiannya pakai rok jangan pakai celana
2.2  Kepribadian matang dan  stabil

V


2.3  Memiliki etika kerja dan komitmen serta  kebanggaan menjadi guru  

V


3      Kompetensi sosial




Sosialnya sudah bagus diperlu ditingkatkan dengan home visit siswa
3.1  Berperilaku  inklusf, objektif, dan tidak pilih kasih  
V



3.2  Komunikasi dengan guru, pegawai sekolah,orang tua, dan masyarakat
V



4      Kompetensi profesional




4.1  Pengetahuan dan pemahaman tentang struktur, isi dan standar kompetensi mata pelajaran, serta tahapan-tahapan pembelajaran.

V


Ketercapaian kompetensi sudah baik perlu di tingkatkan lagi
4.2  Mengembangkan profesionalisme melalui refleksi diri


V




Kepala Sekolah
Nama : ABDUL FATAH, S.Pd.




Tanda Tangan: TTD
Tanggal          : 12 AGUSTUS 2012
Guru Pembimbing
Nama : ULISTIANA, S.Si.




Tanda Tangan: TTD
Tanggal          : 12 AGUSTUS 2012
·         Asli untuk guru
·         Salinan untuk kepala sekolah



Refleksi Individu Kepala Sekolah dalam Penilaian

Pertanyaan-pertanyaan berikut memandu kegiatan  refleksi individu tentang peran kepala sekolah dalam penilaian:
·           Tulis peran-peran yang Anda sukai sebagai pemimpin sekolah?
Jawab :
v  Sebagai kotroling guru agar guru bisa bekerja sesuai dengan kompetensi guru
v  Supervisi guru dan tenaga kependidikan agar mereka tertib dalam menjalankan tufoksinya.
·           Tulis peran-peran yang baru bagi Anda atau peran yang kurang Anda sukai sebagai pemimpin sekolah.
v  Berperan untuk meningkatkan dan mengembangkan kewirausahaan
·           Pilihlah dua peran atau tugas yang menurut Anda paling menantang. Dukungan apa yang Anda perlukan untuk melaksanakan peran-peran baru tersebut?
v   Memanajerial sekolah agar sekolah bisa hidup dan berkembang serta di minati masyarakat menjadi sekolah percontohan minimal tingkat kabupaten
·           Diskusikan jawaban anda dengan teman sejawat dalam organisasi profesi kepala sekolah Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS).
v  Kepala sekolah harus memiliki 5 dimensi kompetensi yaitu kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi dan sosial
·           Keterampilan tambahan apa yang diperlukan untuk mengelola proses penilaian kompetensi guru?
v  Pengelolaan sumber daya manusia/siswa
v  Pengembangan Sekolah berbasis MBS
v  Kaur Akademik, Kesiswaan, Sarpras dan Humas

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar