INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA WAKIL KEPALA SEKOLAH (IPKWKS)
A. PETUNJUK PENILAIAN
1
Penilaian kinerja wakil kepala sekolah dilakukan oleh kepala sekolah.
2
Penilaian kinerja wakil kepala sekolah merupakan penilaian berbasis bukti.
3
Bukti‐bukti dapat berupa data, dokumen, kondisi lingkungan fisik sekolah, perilaku dan budaya
dan lain‐lain yang dapat diidentifikasi oleh
penilaian melalui
pengkajian, pengamatan, dan penggalian informasi dari pihak‐pihak yang terkait di sekolah sepertiguru, pegawai, dan peserta didik.
4
Penilai harus mencatat semua bukti yang teridentifikasi pada tempat yang disediakan pada masing‐masing kriteria penilaian. Bukti‐bukti yang dimaksud dapat berupa:
a.
Bukti yang teramati (tangible evidences) seperti: Dokumen‐dokumen tertulis Kondisi
srana/prasarana (hardware dan/atau software) dan
lingkungan sekolah
Foto, gambar, slide, video. Produk‐produk siswa
b.
Bukti yang tak teramati (intangible evidences) seperti Sikap dan perilaku wakil kepala sekolah
Budaya dan iklim sekolah .Bukti‐bukti ini dapat diperoleh melalui pengamatan, wawancara dengan pemangku kepentingan pendidikan (guru, siswa).
5
Penilaian
dilakukan dengan cara memberikan skor pada
masing‐masing
kriteria berdasarkan kelengkapan dan keabsahan bukti yang releven dan teridentifikasi.
6
Skor
penilaian dinyatakan dengan angka 4, 3,
2, atau 1 dengan ketentuan
sebagai berikut:
a.
Skor 4
diberikan apabila wakil kepala
sekolah mampu menunjukkan bukti‐bukti yang lengkap dan
sangat meyakinkan bahwa wakil kepala
sekolah yang bersangkutan berkinerja sesuai
dengan masing‐masing kriteria komponen
yang dinilai.
b.
Skor 3
diberikan apabila wakil kepala
sekolah mampu menunjukkan bukti‐bukti yang lengkap dan cukup
meyakinkan bahwa wakil kepala sekolah
yang bersangkutan berkinerja sesuai dengan masing‐masing
kriteria komponen yang dinilai.
c.
Skor 2
diberikan apabila wakil kepala sekolah
menunjukkan bukti‐bukti yang kurang lengkap
dan cukup meyakinkan bahwa yang
bersangkutan berkinerja sesuai dengan masing‐masing kriteria komponen yang dinilai.
d.
Skor 1
diberikan apabila ditemukan bukti yang
sangat terbatas dan kurang meyakinkan atau
tidak ditemukan bukti bahwa wakil kepala sekolah
yang bersangkutan berkinerja sesuai dengan masing‐masing
kriteria komponen yang dinilai.
7
Hasil Penilaian dinyatakan rentang nilai 1 sampai dengan 100 yang dibedakan menjadi empat
kategori penilaian yaitu ‘Amat Baik’,
‘Baik’, ‘Cukup’, ‘Sedang’ dan
‘Kurang’ dengan ketentuan sebagai berikut:
NKWKS
Kategori
91 – 100
Amat Baik
76 – 90
Baik
61 – 75
Cukup
51 – 60
Sedang
≤ 50
Kurang
Untuk menentukan
nilai akhir diperlukan konversi dari Skor
penilaian yang memiliki rentangan 5 sampai dengan 20 menjadi Nilai Kinerja Wakil Kepala Sekolah/Madrasah
(NKWKS/M)
dengan rentangan 20 sampai dengan 100
dengan menggunakan rumus sebagai berikut:
NKWKS =
B. FORMAT IDENTITAS DIRI
IDENTITAS WAKIL KEPALA SEKOLAH YANG DINILAI
a. Nama : ANITA MARTHA LINDA,
S.Pd.
N I P/Nomor Seri Karpeg : -
Tempat/Tanggal Lahir : BOJONEGORO/18 MARET 1987
Pangkat/Jabatan/Golongan : -/KAUR. KURIKULUM/-
TMT sebagai guru : 1 JULI 2010
TMT Wakil Kepala Sekolah : 1 JULI 2011
Masa Kerja : 2 Tahun 3 Bulan
NUPTK/NRG : -
Jenis Kelamin :
PEREMPUAN
Pendidikan Terakhir/Spesialisasi : S-1. PENDIDIKAN FISIKA UNESA/-
Program Keahlian yang diampu : ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
b. Nama Instansi/Sekolah : SMP PLUS AL FATIMAH
BOJONEGORO
Telp / Fax : 0353-893488/0353-891894
Kelurahan : SUKOREJO
Kecamatan : BOJONEGORO
Kota/Kabupaten : BOJONEGORO
Provinsi : JAWA TIMUR
IDENTITAS PENILAI
a. Nama : ABDUL
FATAH, S.Pd.
NIP : -
b. SK Penugasan (Jika ada)
Nomor : 1005/PKG/SMP PLUS AL
FATIMAH/VIII/2012
Tanggal : 10 AGUSTUS 2012
Berlaku sampai dengan : 15 AGUSTUS 2012
Bojonegoro, 10 Agustus
2012
Wakil Kepala Sekolah yang dinilai
Penilai/Kepala
Sekolah
Anita Martha Linda, S.Pd. Abdul Fatah, S.Pd.
C.
FORMAT PENILAIAN KOMPONEN KINERJA
1. Kompetensi 1 : Kepribadian dan Sosial (PKWKS 1)
KRITERIA
|
BUKTI YANG
TERIDENTIFIKASI
|
SKOR
|
1.
Berakhlak mulia, mengembangkan budaya
dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi
teladan akhlak mulia bagi komunitas di
sekolah/madrasah.
|
4
|
1 2 3 4
|
2. Melaksanakan tugas pokok dan fungsi
sebagai kepala sekolah dengan penuh
kejujuran, ketulusan, komitmen, dan
integritas.
|
4
|
1 2 3 4
|
3.
Bersikap terbuka dalam melaksanakan
tugas pokok dan fungsi sebagai kepala
sekolah/madrasah.
|
3
|
1 2 3 4
|
4. Mengendalikan diri dalam menghadapi
masalah dan tantangan sebagai kepala
sekolah/madrasah.
|
3
|
1 2 3 4
|
5.
Berpartisipasi dalam kegiatan sosial
kemasyarakatan.
|
3
|
1 2 3 4
|
6.
Tanggap dan peduli terhadap kepentingan
orang atau kelompok lain.
|
2
|
1 2 3 4
|
7.
Mengembangkan dan mengelola hubungan
sekolah/madrasah dengan pihak lain di luar
sekolah dalam rangka mendapatkan
dukungan ide, sumber belajar, dan
pembiayaan sekolah/madrasah.
|
3
|
1 2 3 4
|
JUMLAH SKOR
|
22
|
|
SKOR RATA‐RATA = JUMLAH SKOR : 7 =
|
3,14
|
|
Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:
|
2.
Kompetensi : Kepemimpinan (PKWKS 2)
KRITERIA
|
BUKTI YANG
TERIDENTIFIKASI
|
SKOR
|
1.
Bertindak sesuai dengan visi dan misi sekolah
|
3
|
1 2 3 4
|
2.
Merumuskan tujuan yang menantang diri sendiri
dan orang lain untuk mencapai standard yang tinggi.
|
4
|
1 2 3 4
|
3.
Mengembangkan sekolah/madrasah menuju
organisasi pembelajaran (learning organization).
|
2
|
1 2 3 4
|
4.
Menciptakan budaya dan iklim
sekolah/madrasah yang kondusif dan inovatif
bagi pembelajaran.
|
2
|
1 2 3 4
|
5.
Memegang teguh tujuan sekolah dengan
menjadi contoh dan bertindak sebagai
pemimpin pembelajaran.
|
3
|
1 2 3 4
|
6.
Melaksanakan kepemimpinan yang inspiratif.
|
4
|
1 2 3 4
|
7.
Membangun rasa saling percaya dan
memfasilitasi kerjasama dalam rangka untuk
menciptakan kolaborasi yang kuat diantara
warga sekolah/madrasah
|
3
|
1 2 3 4
|
8.
Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan
sekolah/madrasah sebagai organisasi
pembelajar yang efektif.
|
3
|
1 2 3 4
|
9. Mengembangan kurikulum dan kegiatan
pembelajaran sesuai dengan visi, misi, dan
tujuan sekolah.
|
3
|
1 2 3 4
|
10. Mengelola peserta didik dalam rangka
pengembangan kapasitasnya secara optimal.
|
3
|
1 2 3 4
|
JUMLAH SKOR
|
30
|
|
SKOR RATA‐RATA = JUMLAH SKOR : 10 =
|
3,00
|
|
Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:
|
3.
Kompetensi
: Pengembangan Sekolah (PKWKS 3)
KRITERIA
|
BUKTI YANG
TERIDENTIFIKASI
|
SKOR
|
1.
Menyusun rencana pengembangan
sekolah/madrasah jangka panjang, menengah,
dan pendek dalam rangka mencapai visi, misi,
dan tujuan sekolah/madrasah.
|
4
|
1 2 3 4
|
2.
Mengembangkan struktur organisasi sekolah/
madrasah yang efektif dan efisien sesuai dengan
kebutuhan.
|
4
|
1 2 3 4
|
3.
Melaksanakan pengembangan sekolah/
madrasah sesuai dengan rencana jangka
panjang, menengah, dan jangka pendek sekolah
menuju tercapainya visi, misi, dan tujuan
sekolah.
|
3
|
1 2 3 4
|
4.
Mewujudkan peningkatan kinerja sekolah yang
signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan
sekolah dan standard nasional pendidikan.
|
3
|
1 2 3 4
|
5.
Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan
pelaksanaan program kegiatan
sekolah/madrasah dengan prosedur yang tepat.
|
2
|
1 2 3 4
|
6.
Merencanakan dan menindaklanjuti hasil
monitoring, evaluasi, dan pelaporan.
|
4
|
1 2 3 4
|
7.
Melaksanakan penelitian tindakan sekolah
dalam rangka meningkatkan kinerja
sekolah/madrasah.
|
3
|
1 2 3 4
|
JUMLAH SKOR
|
27
|
|
SKOR RATA‐RATA = JUMLAH SKOR : 7 =
|
3,86
|
|
Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:
|
4.
Kompetensi : Kewirausahaan (PKWKS 4)
KRITERIA
|
BUKTI YANG
TERIDENTIFIKASI
|
SKOR
|
1
Menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi
pengembangan sekolah/ madrasah.
|
4
|
1 2 3 4
|
2. Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam
melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai
pemimpin pembelajaran.
|
4
|
1 2 3 4
|
3.
Memotivasi warga sekolah untuk sukses dalam
melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing‐
masing.
|
3
|
1 2 3 4
|
4. Pantang menyerah dan selalu mencari solusi
terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi
sekolah/madrasah.
|
3
|
1 2 3 4
|
5.
Menerapkan nilai dan prinsip‐prinsip
kewirausahaan dalam mengembangkan
sekolah/madrasah.
|
3
|
1 2 3 4
|
JUMLAH SKOR
|
17
|
|
SKOR RATA‐RATA = JUMLAH SKOR : 5 =
|
3,14
|
|
Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:
|
5.
Kompetensi
: Bidang Tugas Wakasek (PKWKS 5)
a.
Wakasek Bidang Akademik
KRITERIA
|
BUKTI YANG
TERIDENTIFIKASI
|
SKOR
|
1. Mengelola dan mendayagunakan pendidik dan
tenaga kependidikan secara optimal.
|
3
|
1 2 3 4
|
2.
Memanfaatkan teknologi secara efektif dalam
kegiatan pembelajaran.
|
3
|
1 2 3 4
|
3.
Menyusun program supervisi akademik dalam
rangka peningkatan profesionalisme guru.
|
4
|
1 2 3 4
|
4.
Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru
dengan menggunakan pendekatan dan teknik
supervisi yang tepat.
|
4
|
1 2 3 4
|
5.
Menilai dan menindaklanjuti kegiatan supervisi
akademik dalam rangka peningkatan
profesionalisme guru.
|
4
|
1 2 3 4
|
JUMLAH SKOR
|
18
|
|
SKOR RATA‐RATA = JUMLAH SKOR : 5 =
|
3,60
|
|
Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:
|
REKAPITULASI HASIL PENILAIAN KINERJA WAKIL KEPALA SEKOLAH
NO
|
Komponen Penilaian
|
Kode
|
Skor Rata‐rata
|
1
|
Kepribadian dan Sosial
|
PKWKS 1
|
3,14
|
2
|
Kepemimpinan
|
PKWKS 2
|
3,00
|
3
|
Pengembangan Sekolah/Madrasah
|
PKWKS 3
|
3,86
|
4
|
Kewirausahaan
|
PKWKS 4
|
3,14
|
5
|
Bidang Tugas
|
PKWKS 5
|
3,60
|
NKWKS =
NKWKS =
(KRETERIA BAIK)
Bojonegoro,
17 Agustus 2012
Wakil Kepala Sekolah
Penilai/Kepala Sekolah
yang dinilai,
ANITA MARTHA LINDA, S.Pd. ABDUL FATAH, S.Pd.
NIP. - NIP.
-
B. FORMAT IDENTITAS DIRI
IDENTITAS WAKIL KEPALA SEKOLAH YANG DINILAI
a. Nama : KHOIRUL
ROZI, S.PdI.
N I P/Nomor Seri Karpeg : -
Tempat/Tanggal Lahir : BOJONEGORO/11 MEI 1980
Pangkat/Jabatan/Golongan : -/KAUR. KESISWAAN/-
TMT sebagai guru : 1 JULI 2007
TMT Wakil Kepala Sekolah : 1 JULI 2010
Masa Kerja : 5 Tahun 3 Bulan
NUPTK/NRG : -
Jenis Kelamin : LAKI-LAKI
Pendidikan Terakhir/Spesialisasi : S-1. PENDIDIKAN AGAMA ISLAM/-
Program Keahlian yang diampu : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
b. Nama Instansi/Sekolah : SMP PLUS AL FATIMAH
BOJONEGORO
Telp / Fax : 0353-893488/0353-891894
Kelurahan : SUKOREJO
Kecamatan : BOJONEGORO
Kota/Kabupaten : BOJONEGORO
Provinsi : JAWA TIMUR
IDENTITAS PENILAI
a. Nama : ABDUL
FATAH, S.Pd.
NIP : -
b. SK Penugasan (Jika ada)
Nomor : 1005/PKG/SMP PLUS AL
FATIMAH/VIII/2012
Tanggal : 10 AGUSTUS 2012
Berlaku sampai dengan : 15 AGUSTUS 2012
Bojonegoro, 10 Agustus
2012
Wakil Kepala Sekolah yang dinilai
Penilai/Kepala
Sekolah
Khoirul Rozi, S.PdI. Abdul Fatah, S.Pd.
C.
FORMAT PENILAIAN KOMPONEN KINERJA
1. Kompetensi 1
: Kepribadian dan Sosial (PKWKS 1)
KRITERIA
|
BUKTI YANG
TERIDENTIFIKASI
|
SKOR
|
1.
Berakhlak mulia, mengembangkan budaya
dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi
teladan akhlak mulia bagi komunitas di
sekolah/madrasah.
|
3
|
1 2 3 4
|
2. Melaksanakan tugas pokok dan fungsi
sebagai kepala sekolah dengan penuh
kejujuran, ketulusan, komitmen, dan
integritas.
|
3
|
1 2 3 4
|
3.
Bersikap terbuka dalam melaksanakan
tugas pokok dan fungsi sebagai kepala
sekolah/madrasah.
|
3
|
1 2 3 4
|
4. Mengendalikan diri dalam menghadapi
masalah dan tantangan sebagai kepala
sekolah/madrasah.
|
3
|
1 2 3 4
|
5.
Berpartisipasi dalam kegiatan sosial
kemasyarakatan.
|
4
|
1 2 3 4
|
6.
Tanggap dan peduli terhadap kepentingan
orang atau kelompok lain.
|
2
|
1 2 3 4
|
7. Mengembangkan dan mengelola hubungan
sekolah/madrasah dengan pihak lain di luar
sekolah dalam rangka mendapatkan
dukungan ide, sumber belajar, dan
pembiayaan sekolah/madrasah.
|
3
|
1 2 3 4
|
JUMLAH SKOR
|
21
|
|
SKOR RATA‐RATA = JUMLAH SKOR : 7 =
|
3,00
|
|
Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:
|
2.
Kompetensi : Kepemimpinan (PKWKS 2)
KRITERIA
|
BUKTI YANG
TERIDENTIFIKASI
|
SKOR
|
1.
Bertindak sesuai dengan visi dan misi sekolah
|
3
|
1 2 3 4
|
2.
Merumuskan tujuan yang menantang diri sendiri
dan orang lain untuk mencapai standard yang tinggi.
|
3
|
1 2 3 4
|
3.
Mengembangkan sekolah/madrasah menuju
organisasi pembelajaran (learning organization).
|
2
|
1 2 3 4
|
4.
Menciptakan budaya dan iklim
sekolah/madrasah yang kondusif dan inovatif
bagi pembelajaran.
|
3
|
1 2 3 4
|
5.
Memegang teguh tujuan sekolah dengan
menjadi contoh dan bertindak sebagai
pemimpin pembelajaran.
|
2
|
1 2 3 4
|
6.
Melaksanakan kepemimpinan yang inspiratif.
|
2
|
1 2 3 4
|
7.
Membangun rasa saling percaya dan
memfasilitasi kerjasama dalam rangka untuk
menciptakan kolaborasi yang kuat diantara
warga sekolah/madrasah
|
3
|
1 2 3 4
|
8.
Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan
sekolah/madrasah sebagai organisasi
pembelajar yang efektif.
|
3
|
1 2 3 4
|
9. Mengembangan kurikulum dan kegiatan
pembelajaran sesuai dengan visi, misi, dan
tujuan sekolah.
|
4
|
1 2 3 4
|
10. Mengelola peserta didik dalam rangka
pengembangan kapasitasnya secara optimal.
|
3
|
1 2 3 4
|
JUMLAH SKOR
|
28
|
|
SKOR RATA‐RATA = JUMLAH SKOR : 10 =
|
2,80
|
|
Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:
|
3.
Kompetensi
: Pengembangan Sekolah (PKWKS 3)
KRITERIA
|
BUKTI YANG
TERIDENTIFIKASI
|
SKOR
|
1.
Menyusun rencana pengembangan
sekolah/madrasah jangka panjang, menengah,
dan pendek dalam rangka mencapai visi, misi,
dan tujuan sekolah/madrasah.
|
4
|
1 2 3 4
|
2.
Mengembangkan struktur organisasi sekolah/
madrasah yang efektif dan efisien sesuai dengan
kebutuhan.
|
3
|
1 2 3 4
|
3.
Melaksanakan pengembangan sekolah/
madrasah sesuai dengan rencana jangka
panjang, menengah, dan jangka pendek sekolah
menuju tercapainya visi, misi, dan tujuan
sekolah.
|
3
|
1 2 3 4
|
4.
Mewujudkan peningkatan kinerja sekolah yang
signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan
sekolah dan standard nasional pendidikan.
|
4
|
1 2 3 4
|
5.
Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan
pelaksanaan program kegiatan
sekolah/madrasah dengan prosedur yang tepat.
|
4
|
1 2 3 4
|
6.
Merencanakan dan menindaklanjuti hasil
monitoring, evaluasi, dan pelaporan.
|
3
|
1 2 3 4
|
7.
Melaksanakan penelitian tindakan sekolah
dalam rangka meningkatkan kinerja
sekolah/madrasah.
|
3
|
1 2 3 4
|
JUMLAH SKOR
|
24
|
|
SKOR RATA‐RATA = JUMLAH SKOR : 7 =
|
3,43
|
|
Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:
|
4.
Kompetensi : Kewirausahaan (PKWKS 4)
KRITERIA
|
BUKTI YANG
TERIDENTIFIKASI
|
SKOR
|
1.
Menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi
pengembangan sekolah/ madrasah.
|
4
|
1 2 3 4
|
2.
Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam
melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai
pemimpin pembelajaran.
|
3
|
1 2 3 4
|
3.
Memotivasi warga sekolah untuk sukses dalam
melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing‐
masing.
|
3
|
1 2 3 4
|
4.
Pantang menyerah dan selalu mencari solusi
terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi
sekolah/madrasah.
|
2
|
1 2 3 4
|
5.
Menerapkan nilai dan prinsip‐prinsip
kewirausahaan dalam mengembangkan
sekolah/madrasah.
|
3
|
1 2 3 4
|
JUMLAH SKOR
|
15
|
|
SKOR RATA‐RATA = JUMLAH SKOR : 5 =
|
3,00
|
|
Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:
|
b.
Wakasek bidang kesiswaan
KRITERIA
|
BUKTI YANG
TERIDENTIFIKASI
|
SKOR
|
1.
Mengelola peserta didik dalam rangka
pengembangan kapasitasnya secara optimal
sesuai minat dan bakat masing‐masing.
|
3
|
1 2 3 4
|
2. Mengelola layanan‐layanan khusus
sekolah/madrasah dalam mendukung
kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta
didik di sekolah/madrasah.
|
3
|
1 2 3 4
|
3.
Melaksanakan bimbingan kegiatan kegiatan
kesiswaan.
|
3
|
1 2 3 4
|
4. Menegakkan disiplin dan tata tertib siswa.
|
3
|
1 2 3 4
|
JUMLAH SKOR
|
12
|
|
SKOR RATA‐RATA = JUMLAH SKOR : 4 =
|
3,00
|
|
Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:
|
REKAPITULASI HASIL PENILAIAN KINERJA WAKIL KEPALA SEKOLAH
NO
|
Komponen Penilaian
|
Kode
|
Skor Rata‐rata
|
1
|
Kepribadian dan Sosial
|
PKWKS 1
|
|
2
|
Kepemimpinan
|
PKWKS 2
|
|
3
|
Pengembangan Sekolah/Madrasah
|
PKWKS 3
|
|
4
|
Kewirausahaan
|
PKWKS 4
|
|
5
|
Bidang Tugas Kesiswaan
|
PKWKS 5
|
|
NKWKS =
NKWKS =
76, 15 (KRETERIA BAIK)
Bojonegoro,
17 Agustus 2012
Wakil Kepala Sekolah
Penilai/Kepala Sekolah
yang dinilai,
KHOIRUL ROZI, S.PdI. ABDUL FATAH, S.Pd.
NIP. - NIP.
-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar