Minggu, 16 September 2012

CONTOH OJL PKG


INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA WAKIL KEPALA SEKOLAH (IPKWKS)
A.  PETUNJUK PENILAIAN 
1         Penilaian kinerja wakil kepala sekolah dilakukan oleh kepala sekolah. 
2         Penilaian kinerja wakil kepala sekolah merupakan penilaian berbasis bukti. 
3         Buktibukti dapat berupa data, dokumen, kondisi lingkungan fisik sekolah, perilaku dan budaya  dan  lainlain  yang  dapat  diidentifikasi  oleh  penilaian  melalui  pengkajian, pengamatan, dan penggalian informasi dari pihakpihak yang terkait di sekolah sepertiguru, pegawai,  dan peserta didik. 
4         Penilai harus mencatat semua bukti yang teridentifikasi pada tempat yang disediakan pada masingmasing kriteria penilaian. Buktibukti yang dimaksud dapat berupa: 
a.    Bukti yang teramati (tangible evidences) seperti: Dokumendokumen tertulis Kondisi  srana/prasarana  (hardware  dan/atau  software)  dan  lingkungan sekolah ƒ  Foto, gambar, slide, video. Produkproduk siswa 
b.    Bukti yang tak teramati (intangible evidences) seperti Sikap dan perilaku wakil kepala sekolah Budaya dan iklim sekolah .Buktibukti ini dapat diperoleh melalui pengamatan, wawancara dengan pemangku kepentingan pendidikan (guru, siswa). 
5         Penilaian  dilakukan  dengan  cara  memberikan  skor  pada  masingmasing  kriteria berdasarkan kelengkapan dan keabsahan bukti yang releven dan teridentifikasi. 
6         Skor  penilaian  dinyatakan  dengan  angka  4,  3,  2,  atau  1  dengan  ketentuan  sebagai berikut: 
a.         Skor  4  diberikan  apabila  wakil  kepala  sekolah mampu menunjukkan  buktibukti yang  lengkap  dan  sangat  meyakinkan  bahwa  wakil  kepala  sekolah  yang bersangkutan  berkinerja  sesuai  dengan  masingmasing  kriteria  komponen  yang dinilai. 
b.         Skor  3  diberikan  apabila  wakil  kepala  sekolah mampu menunjukkan  buktibukti yang  lengkap  dan  cukup  meyakinkan  bahwa  wakil  kepala  sekolah  yang bersangkutan  berkinerja  sesuai  dengan  masingmasing  kriteria  komponen  yang dinilai. 
c.         Skor  2  diberikan  apabila  wakil  kepala  sekolah  menunjukkan  buktibukti  yang kurang  lengkap  dan  cukup  meyakinkan  bahwa  yang  bersangkutan  berkinerja sesuai dengan masingmasing kriteria komponen yang dinilai. 
d.        Skor  1  diberikan  apabila  ditemukan  bukti  yang  sangat  terbatas  dan  kurang meyakinkan  atau  tidak  ditemukan  bukti  bahwa  wakil  kepala  sekolah  yang bersangkutan  berkinerja  sesuai  dengan  masingmasing  kriteria  komponen  yang dinilai. 
7         Hasil Penilaian dinyatakan rentang nilai 1 sampai dengan 100 yang dibedakan menjadi empat  kategori  penilaian  yaitu  ‘Amat  Baik’,  ‘Baik’,  ‘Cukup’,  ‘Sedang’  dan  ‘Kurang’ dengan ketentuan sebagai berikut: 

NKWKS  Kategori 
91 – 100   Amat Baik 
76 – 90  Baik 
61 – 75  Cukup 
51 – 60  Sedang 
≤ 50  Kurang 

Untuk menentukan  nilai  akhir  diperlukan  konversi  dari  Skor  penilaian  yang memiliki rentangan 5 sampai dengan 20 menjadi Nilai Kinerja Wakil Kepala Sekolah/Madrasah 
(NKWKS/M)  dengan  rentangan  20  sampai  dengan  100  dengan menggunakan  rumus sebagai berikut: 
  
NKWKS =

B.  FORMAT IDENTITAS DIRI 

IDENTITAS WAKIL KEPALA SEKOLAH YANG DINILAI 
a.  Nama                                              :  ANITA MARTHA LINDA, S.Pd. 
N I P/Nomor Seri Karpeg              : -
Tempat/Tanggal Lahir                    : BOJONEGORO/18 MARET 1987
Pangkat/Jabatan/Golongan             :  -/KAUR. KURIKULUM/- 
TMT sebagai guru                          : 1 JULI 2010 
TMT Wakil Kepala Sekolah           :  1 JULI 2011 
Masa Kerja                                     :  2 Tahun 3 Bulan
NUPTK/NRG                                : - 
Jenis Kelamin                                 :   PEREMPUAN
Pendidikan Terakhir/Spesialisasi    : S-1. PENDIDIKAN FISIKA UNESA/-  
Program Keahlian yang diampu     : ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
b.  Nama Instansi/Sekolah                  : SMP PLUS AL FATIMAH BOJONEGORO
Telp / Fax                                       : 0353-893488/0353-891894 
Kelurahan                                       : SUKOREJO
Kecamatan                                     : BOJONEGORO 
Kota/Kabupaten                                         : BOJONEGORO
Provinsi                                          : JAWA TIMUR
IDENTITAS PENILAI 
a.  Nama                                              : ABDUL FATAH, S.Pd.
NIP                                                 :  -
b.  SK Penugasan (Jika ada) 
Nomor                                            : 1005/PKG/SMP PLUS AL FATIMAH/VIII/2012
Tanggal                                           : 10 AGUSTUS 2012
Berlaku sampai dengan                  : 15 AGUSTUS 2012

Bojonegoro, 10 Agustus 2012 
Wakil Kepala Sekolah yang dinilai                                         Penilai/Kepala Sekolah


 Anita Martha Linda, S.Pd.                                                 Abdul Fatah, S.Pd.
C.  FORMAT PENILAIAN KOMPONEN KINERJA 

1.  Kompetensi 1  : Kepribadian dan Sosial (PKWKS 1) 

KRITERIA
BUKTI YANG
TERIDENTIFIKASI
SKOR
1.  Berakhlak mulia, mengembangkan budaya 
dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi 
teladan akhlak mulia bagi komunitas di 
sekolah/madrasah. 
4
1 2 3 4
2.  Melaksanakan tugas pokok dan fungsi 
sebagai kepala sekolah dengan penuh 
kejujuran, ketulusan, komitmen, dan 
integritas. 
4
1 2 3 4
3.  Bersikap terbuka dalam melaksanakan
tugas pokok dan fungsi sebagai kepala
sekolah/madrasah. 
3
1 2 3 4
4.  Mengendalikan diri dalam menghadapi 
masalah dan tantangan sebagai kepala 
sekolah/madrasah. 
3
1 2 3 4
5.  Berpartisipasi dalam kegiatan sosial 
kemasyarakatan. 
3
1 2 3 4
6.  Tanggap dan peduli terhadap kepentingan 
orang atau kelompok lain. 
2
1 2 3 4
7.  Mengembangkan dan mengelola hubungan 
sekolah/madrasah dengan pihak lain di luar 
sekolah dalam rangka mendapatkan 
dukungan ide, sumber belajar, dan 
pembiayaan sekolah/madrasah. 
3
1 2 3 4
JUMLAH SKOR
22

SKOR RATARATA = JUMLAH SKOR : 7 = 
3,14

Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan: 






  


2.  Kompetensi  : Kepemimpinan (PKWKS 2) 
KRITERIA
BUKTI YANG
TERIDENTIFIKASI
SKOR
1.  Bertindak sesuai dengan visi dan misi sekolah 
3
1 2 3 4
2.  Merumuskan tujuan yang menantang diri sendiri 
dan orang lain untuk mencapai standard yang tinggi. 
4
1 2 3 4
3.  Mengembangkan sekolah/madrasah menuju 
organisasi pembelajaran (learning organization). 
2
1 2 3 4
4.  Menciptakan budaya dan iklim 
sekolah/madrasah yang kondusif dan inovatif 
bagi pembelajaran. 
2
1 2 3 4
5.  Memegang teguh tujuan sekolah dengan 
menjadi contoh dan bertindak sebagai 
pemimpin pembelajaran. 
3
1 2 3 4
6.  Melaksanakan kepemimpinan yang inspiratif. 
4
1 2 3 4
7.  Membangun rasa saling percaya dan 
memfasilitasi kerjasama dalam rangka untuk 
menciptakan kolaborasi yang kuat diantara 
warga sekolah/madrasah 
3
1 2 3 4
8.  Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan 
sekolah/madrasah sebagai organisasi 
pembelajar yang efektif.
3
1 2 3 4
9.  Mengembangan kurikulum dan kegiatan  
pembelajaran sesuai dengan visi, misi, dan 
tujuan sekolah. 
3
1 2 3 4
10. Mengelola peserta didik dalam rangka 
pengembangan kapasitasnya secara optimal. 
3
1 2 3 4
JUMLAH SKOR
30

SKOR RATARATA = JUMLAH SKOR : 10 = 
3,00

Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:   











3.  Kompetensi  : Pengembangan Sekolah (PKWKS 3) 
KRITERIA
BUKTI YANG
TERIDENTIFIKASI
SKOR
1.  Menyusun rencana pengembangan 
sekolah/madrasah jangka panjang, menengah,
dan pendek dalam rangka mencapai visi, misi, 
dan tujuan sekolah/madrasah.  
4
1 2 3 4
2.  Mengembangkan struktur organisasi sekolah/ 
madrasah yang efektif dan efisien sesuai dengan 
kebutuhan.  
4
1 2 3 4
3.  Melaksanakan pengembangan sekolah/ 
madrasah sesuai dengan rencana jangka 
panjang, menengah, dan jangka pendek sekolah 
menuju tercapainya visi, misi, dan tujuan 
sekolah. 
3
1 2 3 4
4.  Mewujudkan peningkatan kinerja sekolah yang 
signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan 
sekolah dan standard nasional pendidikan.
3
1 2 3 4
5.  Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan 
pelaksanaan program kegiatan 
sekolah/madrasah dengan prosedur yang tepat.
2
1 2 3 4
6.  Merencanakan dan menindaklanjuti hasil 
monitoring, evaluasi, dan pelaporan. 
4
1 2 3 4
7.  Melaksanakan penelitian tindakan sekolah 
dalam rangka meningkatkan kinerja 
sekolah/madrasah. 
3
1 2 3 4
JUMLAH SKOR
27

SKOR RATARATA = JUMLAH SKOR : 7 = 
3,86

Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan: 









  


4.  Kompetensi  : Kewirausahaan (PKWKS 4) 

KRITERIA
BUKTI YANG
TERIDENTIFIKASI
SKOR
1       Menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi
pengembangan sekolah/ madrasah. 
4
1 2 3 4
2.  Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam 
melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai 
pemimpin pembelajaran. 
4
1 2 3 4
3.  Memotivasi warga sekolah untuk sukses dalam 
melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing
masing. 
3
1 2 3 4
4.  Pantang menyerah dan selalu mencari solusi 
terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi 
sekolah/madrasah. 
3
1 2 3 4
5.  Menerapkan nilai dan prinsipprinsip 
kewirausahaan dalam mengembangkan 
sekolah/madrasah. 
3
1 2 3 4
JUMLAH SKOR
17

SKOR RATARATA = JUMLAH SKOR : 5 = 
3,14

Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:   




















5.  Kompetensi  : Bidang Tugas Wakasek (PKWKS 5)
a. Wakasek Bidang Akademik  
KRITERIA
BUKTI YANG
TERIDENTIFIKASI
SKOR
1.  Mengelola dan mendayagunakan pendidik dan 
tenaga kependidikan secara optimal. 
3
1 2 3 4
2.  Memanfaatkan teknologi secara efektif dalam 
kegiatan pembelajaran. 
3
1 2 3 4
3.  Menyusun program supervisi akademik dalam 
rangka peningkatan profesionalisme guru. 
4
1 2 3 4
4.  Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru 
dengan menggunakan pendekatan dan teknik 
supervisi yang tepat.
4
1 2 3 4
5.  Menilai dan menindaklanjuti kegiatan supervisi 
akademik dalam rangka peningkatan 
profesionalisme guru. 
4
1 2 3 4
JUMLAH SKOR
18

SKOR RATARATA = JUMLAH SKOR : 5 = 
3,60

Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:










   










REKAPITULASI HASIL PENILAIAN KINERJA WAKIL KEPALA SEKOLAH 
NO
Komponen Penilaian 
Kode
Skor Ratarata 
1
Kepribadian dan Sosial 
PKWKS 1 
3,14
2
Kepemimpinan
PKWKS 2 
3,00
3
Pengembangan Sekolah/Madrasah
PKWKS 3 
3,86
4
Kewirausahaan
PKWKS 4 
3,14
5
Bidang Tugas 
PKWKS 5 
3,60
   NKWKS = 
NKWKS =  (KRETERIA BAIK)
                                                                            


Bojonegoro, 17 Agustus 2012
          Wakil Kepala Sekolah                                     Penilai/Kepala Sekolah
          yang dinilai, 



         ANITA MARTHA LINDA, S.Pd.                     ABDUL FATAH, S.Pd. 
         NIP. -                                                           NIP. -    



















B.  FORMAT IDENTITAS DIRI 

IDENTITAS WAKIL KEPALA SEKOLAH YANG DINILAI 
a.  Nama                                              :  KHOIRUL ROZI, S.PdI.
N I P/Nomor Seri Karpeg              : -
Tempat/Tanggal Lahir                    : BOJONEGORO/11 MEI 1980
Pangkat/Jabatan/Golongan             :  -/KAUR. KESISWAAN/- 
TMT sebagai guru                          : 1 JULI 2007 
TMT Wakil Kepala Sekolah           :  1 JULI 2010 
Masa Kerja                                     :  5 Tahun 3 Bulan
NUPTK/NRG                                : - 
Jenis Kelamin                                 :   LAKI-LAKI
Pendidikan Terakhir/Spesialisasi    : S-1. PENDIDIKAN AGAMA ISLAM/-  
Program Keahlian yang diampu     : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
b.  Nama Instansi/Sekolah                  : SMP PLUS AL FATIMAH BOJONEGORO
Telp / Fax                                       : 0353-893488/0353-891894 
Kelurahan                                       : SUKOREJO
Kecamatan                                     : BOJONEGORO 
Kota/Kabupaten                                         : BOJONEGORO
Provinsi                                          : JAWA TIMUR
IDENTITAS PENILAI 
a.  Nama                                              : ABDUL FATAH, S.Pd.
NIP                                                 :  -
b.  SK Penugasan (Jika ada) 
Nomor                                            : 1005/PKG/SMP PLUS AL FATIMAH/VIII/2012
Tanggal                                           : 10 AGUSTUS 2012
Berlaku sampai dengan                  : 15 AGUSTUS 2012

Bojonegoro, 10 Agustus 2012 
Wakil Kepala Sekolah yang dinilai                                         Penilai/Kepala Sekolah


Khoirul Rozi, S.PdI.                                                             Abdul Fatah, S.Pd.








C.  FORMAT PENILAIAN KOMPONEN KINERJA 

1.  Kompetensi 1  : Kepribadian dan Sosial (PKWKS 1) 

KRITERIA
BUKTI YANG
TERIDENTIFIKASI
SKOR
1.  Berakhlak mulia, mengembangkan budaya 
dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi 
teladan akhlak mulia bagi komunitas di 
sekolah/madrasah. 
3
1 2 3 4
2.  Melaksanakan tugas pokok dan fungsi 
sebagai kepala sekolah dengan penuh 
kejujuran, ketulusan, komitmen, dan 
integritas. 
3
1 2 3 4
3.  Bersikap terbuka dalam melaksanakan
tugas pokok dan fungsi sebagai kepala
sekolah/madrasah. 
3
1 2 3 4
4.  Mengendalikan diri dalam menghadapi 
masalah dan tantangan sebagai kepala 
sekolah/madrasah. 
3
1 2 3 4
5.  Berpartisipasi dalam kegiatan sosial 
kemasyarakatan. 
4
1 2 3 4
6.  Tanggap dan peduli terhadap kepentingan 
orang atau kelompok lain. 
2
1 2 3 4
7.  Mengembangkan dan mengelola hubungan 
sekolah/madrasah dengan pihak lain di luar 
sekolah dalam rangka mendapatkan 
dukungan ide, sumber belajar, dan 
pembiayaan sekolah/madrasah. 
3
1 2 3 4
JUMLAH SKOR
21

SKOR RATARATA = JUMLAH SKOR : 7 = 
3,00

Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan: 






  


2.  Kompetensi  : Kepemimpinan (PKWKS 2) 
KRITERIA
BUKTI YANG
TERIDENTIFIKASI
SKOR
1.  Bertindak sesuai dengan visi dan misi sekolah 
3
1 2 3 4
2.  Merumuskan tujuan yang menantang diri sendiri 
dan orang lain untuk mencapai standard yang tinggi. 
3
1 2 3 4
3.  Mengembangkan sekolah/madrasah menuju 
organisasi pembelajaran (learning organization). 
2
1 2 3 4
4.  Menciptakan budaya dan iklim 
sekolah/madrasah yang kondusif dan inovatif 
bagi pembelajaran. 
3
1 2 3 4
5.  Memegang teguh tujuan sekolah dengan 
menjadi contoh dan bertindak sebagai 
pemimpin pembelajaran. 
2
1 2 3 4
6.  Melaksanakan kepemimpinan yang inspiratif. 
2
1 2 3 4
7.  Membangun rasa saling percaya dan 
memfasilitasi kerjasama dalam rangka untuk 
menciptakan kolaborasi yang kuat diantara 
warga sekolah/madrasah 
3
1 2 3 4
8.  Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan 
sekolah/madrasah sebagai organisasi 
pembelajar yang efektif.
3
1 2 3 4
9.  Mengembangan kurikulum dan kegiatan  
pembelajaran sesuai dengan visi, misi, dan 
tujuan sekolah. 
4
1 2 3 4
10. Mengelola peserta didik dalam rangka 
pengembangan kapasitasnya secara optimal. 
3
1 2 3 4
JUMLAH SKOR
28

SKOR RATARATA = JUMLAH SKOR : 10 = 
2,80

Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:   











3.  Kompetensi  : Pengembangan Sekolah (PKWKS 3) 
KRITERIA
BUKTI YANG
TERIDENTIFIKASI
SKOR
1.  Menyusun rencana pengembangan 
sekolah/madrasah jangka panjang, menengah,
dan pendek dalam rangka mencapai visi, misi, 
dan tujuan sekolah/madrasah.  
4
1 2 3 4
2.  Mengembangkan struktur organisasi sekolah/ 
madrasah yang efektif dan efisien sesuai dengan 
kebutuhan.  
3
1 2 3 4
3.  Melaksanakan pengembangan sekolah/ 
madrasah sesuai dengan rencana jangka 
panjang, menengah, dan jangka pendek sekolah 
menuju tercapainya visi, misi, dan tujuan 
sekolah. 
3
1 2 3 4
4.  Mewujudkan peningkatan kinerja sekolah yang 
signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan 
sekolah dan standard nasional pendidikan.
4
1 2 3 4
5.  Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan 
pelaksanaan program kegiatan 
sekolah/madrasah dengan prosedur yang tepat.
4
1 2 3 4
6.  Merencanakan dan menindaklanjuti hasil 
monitoring, evaluasi, dan pelaporan. 
3
1 2 3 4
7.  Melaksanakan penelitian tindakan sekolah 
dalam rangka meningkatkan kinerja 
sekolah/madrasah. 
3
1 2 3 4
JUMLAH SKOR
24

SKOR RATARATA = JUMLAH SKOR : 7 = 
3,43

Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan: 









  


4.  Kompetensi  : Kewirausahaan (PKWKS 4) 

KRITERIA
BUKTI YANG
TERIDENTIFIKASI
SKOR
1.  Menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi
pengembangan sekolah/ madrasah. 
4
1 2 3 4
2.  Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam 
melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai 
pemimpin pembelajaran. 
3
1 2 3 4
3.  Memotivasi warga sekolah untuk sukses dalam 
melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing
masing. 
3
1 2 3 4
4.  Pantang menyerah dan selalu mencari solusi 
terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi 
sekolah/madrasah. 
2
1 2 3 4
5.  Menerapkan nilai dan prinsipprinsip 
kewirausahaan dalam mengembangkan 
sekolah/madrasah. 
3
1 2 3 4
JUMLAH SKOR
15

SKOR RATARATA = JUMLAH SKOR : 5 = 
3,00

Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:   




















b. Wakasek bidang kesiswaan 
KRITERIA
BUKTI YANG
TERIDENTIFIKASI
SKOR
1.  Mengelola peserta didik dalam rangka 
pengembangan kapasitasnya secara optimal 
sesuai minat dan bakat masingmasing. 
3
1 2 3 4
2.  Mengelola layananlayanan khusus 
sekolah/madrasah dalam mendukung 
kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta 
didik di sekolah/madrasah. 
3
1 2 3 4
3.  Melaksanakan bimbingan kegiatan kegiatan 
kesiswaan.
3
1 2 3 4
4.  Menegakkan disiplin dan tata tertib siswa. 
3
1 2 3 4
JUMLAH SKOR
12

SKOR RATARATA = JUMLAH SKOR : 4 = 
3,00

Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:   



REKAPITULASI HASIL PENILAIAN KINERJA WAKIL KEPALA SEKOLAH 
NO
Komponen Penilaian 
Kode
Skor Ratarata 
1
Kepribadian dan Sosial 
PKWKS 1 

2
Kepemimpinan
PKWKS 2 

3
Pengembangan Sekolah/Madrasah
PKWKS 3 

4
Kewirausahaan
PKWKS 4 

5
Bidang Tugas Kesiswaan
PKWKS 5 

   NKWKS = 
NKWKS =  76, 15 (KRETERIA BAIK)
                                                                             Bojonegoro, 17 Agustus 2012
          Wakil Kepala Sekolah                                     Penilai/Kepala Sekolah
          yang dinilai, 



         KHOIRUL ROZI, S.PdI.                                ABDUL FATAH, S.Pd. 
         NIP. -                                                           NIP. -    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar