Minggu, 16 September 2012

CONTOH OJL SUPERVISI


ASPEK YANG DIAMATI
Petunjuk Umum
Berilah tanda (Ö) atau nilai pada kolom yang sesuai dengan penilaian anda dan catatlah hal-hal yang penting yang berhubungan dengan aspek yang diamati pada kolom keterangan.
1.  Tidak baik (0-40)
2.  Kurang baik         (41-80)
3.  Cukup                 (81-130)
4.  Baik                   (131-160)
5.  Sangat baik         (161-200)

LEMBAR OBSERVASI
SUPERVISI AKADEMIK GURU
NAMA GURU             : ANITA MARTHA LINDA, S.Pd.
MATA PELAJARAN  : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS                                    : VII
SEKOLAH                  : SMP PLUS AL FATIMAH BOJONEGORO
No
Aspek yang diamati
1
2
3
4
5
Keterangan

Kegiatan Pembelajaran.

A.  Penyusunan Silabus






1.
Identitas mata pelajaran atau tema pelajaran



V


2.
Standar kompetensi



V


3.
Kompetensi dasar



V


4.
Materi pembelajaran



V


5.
Kegiatan pembelajaran




V

6.
Indikator pencapaian kompetensi




V

7.
Penilaian




V

8.
Alokasi waktu




V

9.
Sumber belajar




V


B.  Penyusunan RPP






10.
Identitas mata pelajaran



V


11.
Standar kompetensi



V


12.
Kompetensi Dasar



V


13.
Indikator pencapaian kompetensi



V


14.
Kejelasan perumusan tujuan Pembelajaran(tidak menimbulkan penafsiran ganda dan mengandung perilaku hasil belajar)



V


15.
Pemilihan materi Ajar(sesuai dengan tujuan dan karakteristik peserta didik)




V

16.
Pengorganisasian materi ajar  (keruntutan, sistematika, materi dan kesesuaian dengan alokasi Waktu),


V



17.
Kesesuian penggunaan  metode pembelajaran


V



18.
Kejelasan skenario langkah-langkah Pembelajaran
a)  Pendahuluan
b)  Inti
c)  Penutup



V


19.
Kelengkapan instrumen Penilaian Hasil Belajar (soal, kunci, pedoman penskoran)


V



20.
Kelengkapan Sumber Belajar



V




C.  Pelaksanaan Proses Pembelajaran






21.
Mempersiapkan siswa untuk belajar


V



22.
Melakukan kegiatan apersepsi



V


23.
Menguasai  materi pembelajaran



V


24.
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relavan



V


25.
Menyampaikan materi dengan jelas, sesuai dengan hierarki  belajar dan karakteristik siswa



V


26.
Mengkaitkan materi dengan realitas kehidupan



V


27.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi(tujuan) yang akan dicapai dan karakteristik siswa




V

28.
Menggunakan media secara efektif dan efisien




V

29.
Menghasilkan pesan yang menarik



V


30.
Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media


V



31.
Menumbuhkan partisipasi aktif  siswa dalam pembelajaran



V


32.
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respon siswa



V


33.
Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme siswa dalam belajar



V


34.
Memantau kemajuan belajar selama proses



V


35.
   Menggunakan bahasa lisan dan tuliasan secara jelas, baik dan benar



V


36.
Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai




V

37.
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa




V

38.
Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)




V

39.
Melakukan tindak lanjut dengan memberikan arahan, kegiatan, atau tugas sebagai bagian remedi/pengayaan




V


Jumlah


15
88
60
163
 Mendapat nilai 163 kriteria sangat baik
Bojonegoro, 20 Agustus 2012
Kepala Sekolah,






Abdul Fatah, S.Pd.
NIP.

















DAFTAR PERTANYAAN SETELAH OBSERVASI
NAMA GURU             : ANITA MARTHA LINDA, S.Pd.
MATA PELAJARAN  : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS                                    : VII
SEKOLAH                  : SMP PLUS AL FATIMAH BOJONEGORO

No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Bagaimana pendapat saudara setelah menyajikan pelajaran ini?
Merasa belum sempurna, perlu senantiasa untuk diperbaiki
2.
Apakah proses pembelajaran sudah sesuai dengan yang direncanakan?
Saya merasa sudah mencapai 90 % sesuai dengan RPP
3.
Dapatkah saudara menceritakan hal-hal yang dirasakan memuaskan dalam proses pembelajaran tadi?
Saya senang ketika anak-anak saya refleksi ternyata hampir 90 % anak bisa menjawab
4.
Bagaimana perkiraan saudara mengenai ketercapaian tujuan pembelajaran?
Saya kirakan sudah 90 % tujuan pembelajaran telah tercapai dalam pembelajaran
5.
Apa yang menjadi kesulitan siswa?
Menganalisis materi
6.
Apa yang menjadi kesulitan saudara?
Media pembelajaran yang minim
7.
Adakah alternatif lain untuk mengatasi kesulitan saudara?
Ada yaitu membuat sendiri secara sederhana di rumah tapi kalau terus-terusan kecapekan
8.
Marilah bersama-sama kita identifikasi hal-hal yang telah mantap dan hal-hal yang perlu peningkatan, berdasarkan kegiatan yang baru saja saudara lakukan.
Ya, identifikasinya anak kurang optimal untuk menganalisis materi hal karena media terbatas
9.
Dengan demikian, apa yang akan saudara lakukan untuk pertemuan berikutnya?
Membuat media sederhana agar siswa ada pembelajaran ketrampilan proses

Kesan umum:

Saran:

Kesan : luar biasa ternyata mengajar di depan anak-anak karena harus senantiasa malamnya menyiapkannya
Saran : semoga pemerintah memperhatikan media pembelajaran di sekolah-sekolah
Bojonegoro, 21 Agustus 2012
Kepala sekolah

Abdul Fatah, S.Pd.
HASIL OBSERVASI
SUPERVISI AKADEMIK
NAMA GURU             : ANITA MARTHA LINDA, S.Pd.
MATA PELAJARAN  : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS                                    : VII
SEKOLAH                  : SMP PLUS AL FATIMAH BOJONEGORO
No
Komponen yang dianalisis
Aspek yang disupervisi
Hasil penilaian
1
2
3
4
5
1.
Tahap sebelum observasi
1.    Persiapan mengajar yang disiapkan
2.    Konsep yang akan dibahas
3.    Tujuan yang akan dicapai



V

V



V
2.
Tahap pelaksanaan observasi
4.    Langkah-langkah penyajian
5.    Pemanfaatan media
6.    Proses interaksi
7.    Kejelasan konsep
8.    Tingkat keberhasilan
9.    Penggunaan media
10.  Efektivitas interaksi


V
V



V
V
V
V






3.
Tahap sesudah observasi
11.  Kesan-kesan penampilan
12.  Kemampuan mengidentifikasi ketrampilan yang sudah baik
13.  Kemampuan mengidentifikasi ketrampilan yang belum berhasil
14.  Diskusi tentang gagasan-gagasan alternatif


V
V
V



V

V



Jumlah


15
32
5


Jumlah Total
52


Rata-rata
=52 x 100/70 = 74
Hasil yang diperoleh adalah 74 masuk kriteria Cukup
Rentang Penilaian
1.   Tidak baik    (0-40)
2.   Kurang baik (41-54)
3.   Cukup          (55-74)
4.   Baik             (75-90)
5.   Sangat baik (91-100)

 
Bojonegoro, 21 Agustus 2012
Kepala sekolah/Supervisor


Abdul Fatah, S.Pd.
NIP.








Jadwal Supervisi Kunjungan Kelas Bulan Agustus 2012
No.
Hari/Tgl
Nama Guru
Mata Pelajaran
Kelas
Jam ke
Pelaksanaan Supervisi
Keterangan
1
Senin/22
01
IPA
VIID
2-3
Kasek

2
Senin/22
02
BIN
VIIA
4-5
Kasek

3
Senin/22
03
BIG
VIIB
6-7
Kasek

4
Senin/22
04
IPS
VIIIC
8-9
Kasek

5
Selasa/23
05
PKn
VIIID
2-3
Kasek

6
Selasa/23
06
PAI
VIIIA
4-5
Kasek

7
Selasa/23
07
TIK
IXA
6-7
Kasek

8
Rabu/24
08
MAT
IXB
2-3
Kasek

9
Rabu/24
09
TIK
IXC
4-5
Kasek

10
Rabu/24
10
PJS
IXD
6-7
Kasek


NAMA GURU
NO
NAMA GURU
MAPEL
1
Khoirur Rozi, S.PdI.
IPA
2
Abul Hasan Anshori, S.Pd.
BIN
3
Fatkhur Rohim, S.PdI.
BIG
4
Abdul Hakam, S.PdI.
IPS
5
Ullistiana , S.Pd.
PKn
6
Arik Triawati, S.Pd.
PAI
7
Lilik Farida, S.Pd
TIK
8
Ulfiatin Nashiroh, S.H.I
MAT
9
Sri Puji Astutik, S.Pd.
TIK
10
Nandang Suwito, S.Pd.
PJS

Bojonegoro, 21 Agustus 2012
Kepala Sekolah


Abdul Fatah, S.Pd.


Rekapitulasi Hasil Supervisi
No
Nama
Nilai
Keterangan
Administrasi
Penampilan
Test
Rata-rata
1
01
87
90
75
84
B
2
02
85
92
77
85
B
3
03
86
95
78
86
B
4
04
78
91
80
83
B
5
05
80
93
71
81
B
6
06
83
94
72
83
B
7
07
82
95
73
83
B
8
08
81
90
74
82
B
9
09
80
91
75
82
B
10
10
85
92
72
83
B

Rentang penilaian:
91-100             =  A
75-90              =  B
55-74              =  C
<55                 =  D
 
Bojonegoro, 25 Agustus 2012
Kepala Sekolah

Abdul Fatah, S.Pd.










INSTRUMEN PERENCANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.   Nama Guru                           : ANITA MARTHA LINDA, S.Pd.
2.   Sekolah                                : SMP PLUS AL FATIMAH BOJONEGORO
3.   Kelas, Semester                    : VIIA/ I
4.   Identitas Mata pelajaran        : ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
5.   Standar Kompetensi               : 1.  Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda
        alam dengan menggunakan peralatan
6.    Kompetensi Dasar                 :  1.1 Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan
         beserta satuannya
1.2  Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya
1.3  Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
7.   Hari tanggal                          : Senin, 21 Agustus 2012
No
URAIAN KEGIATAN
KRITERIA NILAI
1
2
3
4
1.
Menentukan identitas mata pelajaran


V

2.
Menentukan standar kompetensi


V

3.
Menentukan kompetensi dasar


V

4.
Menentukan indikator pencapaian kompetensi



V
5.
Menentukan tujuan pembelajaran


V

6.
Menentukan materi ajar


V

7.
Menentukan alokasi waktu



V
8.
Menentukan metode pembelajaran


V

9.
Menentukan kegiatan pembelajaran



V
10.
Menentukan penilaian hasil belajar



V
11.
Menentukan sumber belajar


V


Jumlah NILAI RIIL     = 37


21
16

Jumlah NILAI IDEAL = 44
KLASIFIKASI
Baik Sekali

Nilai PERSENTASI   = 84 %
 SARAN PEMBINAAN :
Bojonegoro, 21 Agustus 2012
Kepala Sekolah


Abdul Fatah, S.Pd.
NIP.-
 
Nilai instrumen perencanaan Ibu Anita masuk katagori baik sekali, perlu di tingkatkan lagi.









INSTRUMEN SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS
OBSERVASI PROSES PEMBELAJARAN

1.   Nama Guru                           : Anita Martha Linda, S.Pd.
2.   Sekolah                                : SMP Plus Al Fatimah Bojonegoro
3.   Kelas, Semester                    : VIIA, I
4.   Identitas Mata pelajaran        : ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
5.   Standar Kompetensi               : 1.  Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda
        alam dengan menggunakan peralatan
6.    Kompetensi Dasar                 :  1.1 Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan
         beserta satuannya
1.4  Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya
1.5  Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
7.   Hari tanggal                          : Senin, 27 Agustus 2012

No
URAIAN KEGIATAN
KRITERIA NILAI
1
2
3
4
1.
Menjelaskan tujuan dan kompetensi dasar


V

2.
Menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai dengan silabus


V

3.
Menjelaskan isi kegiatan kepada siswa/langkah kegiatan


V

4.
Menggunakan ekspresi dalam berkomunikasi dengan siswa

V


5.
Menggunakan respon siswa dalam menyelenggarakan kegiatan


V

6.
Menggunakan media dan alat pembelajaran yang sesuai dengan tujuan


V

7.
Menyelenggarakan kegiatan dengan urutan yang logis



V
8.
Menggunakan berbagai metode dalam menjelaskan isi kegiatan



V
9.
Membimbing siswa dalam mengikuti kegiatan secara individual maupun kelompok



V
10.
Memberikan banyak kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang dilaksanakan

V


11.
Memberikan penguatan kepada siswa


V

12.
Melaksanakan penilaian selama kegiatan berlangsung


V

13.
Menutup kegiatan dengan tepat


V

14.
Memberikan tugas/PR


V


Jumlah NILAI RIIL     = 43

4
27
12

Jumlah NILAI IDEAL = 56
KLASIFIKASI
BAIK SEKALI

Nilai PERSENTASI    = 77 %
       

SARAN PEMBINAAN :
Hasil observasi proses pembelajaran di kelas katagori baik sekali, namun perlu supaya menggunakan alat peraga  sebagai media pembelajaran walaupun sangat sederhana
Bojonegoro, 27 Agustus 2012
Kepala Sekolah

Abdul Fatah, S.Pd.
NIP.-

 
Guru Mata Pelajaran,

Anita Martha Linda, S.Pd.
NIP.-
 
 





























INSTRUMEN OBSERVASI SISWA
PADA PROSES PEMBELAJARAN
1.   Nama Guru                           : Anita Martha Linda, S.Pd.
2.   Sekolah                                : SMP Plus Al Fatimah Bojonegoro
3.   Kelas, Semester                    : VIIA, I
4.   Identitas Mata pelajaran        : ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
5.   Standar Kompetensi               : 1.  Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda
        alam dengan menggunakan peralatan
6.    Kompetensi Dasar                 :  1.1 Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan
         beserta satuannya
1.6  Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya
1.7  Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
7.   Hari tanggal                          : Senin, 27 Agustus 2012

NO
NAMA
KEGIATAN
SKOR
NILAI
KET
1
2
3
4
1
Rieke Nur Indah Safitri
78
80
80
85
323
81
AKTIF
2
Nadila Hilyatul Laili
70
75
80
82
307
77
AKTIF
3
Ade Mei Nurul Mawaddah
70
73
74
80
297
74
AKTIF
4
Geriesca Azzahra Putri
75
77
82
85
319
80
AKTIF
5
Rahma Astri Pratiwi
87
88
84
81
340
85
SANGAT AKTIF
JUMLAH
456
469
481
499
1905
477


KETERANGAN
1.      Berpartisipasi aktif
2.      Tanggung jawab
3.      Disiplin dalan mengikuti pembelajaran
4.      Memusatkan perhatian pada materi pembelajaran
KRITERIA SKOR PENILAIAN
KRITERIAN KEAKTIFAN PESERTA
Nilai
Sebutan
Kuantitatif
Kualitatif
1
Sangat Aktif
85 – 100
SA = Sangat Aktif
 2
Aktif
69 – 84
A   = Aktif
3
Kurang Aktif
53 – 68
CA = Cukup Aktif
4
Tidak Aktif
37 – 52
KA = Kurang Aktif
Bojonegoro, 27 Agustus 2012
Kepala Sekolah


Abdul Fatah, S.Pd.
NIP.-
 

INSTRUMEN KUNJUNGAN KELAS
OBSERVASI PERFORMANSI GURU

Nama Guru                                : ANITA MARTHA LINDA, S.Pd.
Kelas                                         : VIIA
Identitas Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN ALAM
Waktu                                       : 07.00 – 08.20 (2 JP)
Semester                                   : I
Hari tanggal                               : 3 September 2012
No
URAIAN KEGIATAN
Kriteria Penilaian
1
2
3
4
1.
Persiapan dan apersepsi



V
2.
Relevansi materi dengan tujuan pembelajaran


V

3.
Penguasaan materi



V
4.
Strategi


V

5.
Metode


V

6.
Media


V

7.
Manajemen kelas


V

8.
Pemberian motivasi kepada siswa



V
9.
Nada dan suara

V
V

10.
Penggunaan bahasa


V

11.
Gaya dan sikap perilaku



V
Jumlah NILAI RIIL = 36

2
18
16
Jumlah NILAI IDEAL = 44
KLASIFIKASI
BAIK SEKALI
Nilai PERSENTASI = 82 %
      
Saran Pembinaan
Bojonegoro, 3 September 2012
Kepala Sekolah


Abdul Fatah, S.Pd.
NIP.-
 
Nada dan Suara perlu latihan yang keras