ASPEK
YANG DIAMATI
Petunjuk Umum
Berilah tanda (Ö)
atau nilai pada kolom yang sesuai dengan penilaian anda dan catatlah hal-hal
yang penting yang berhubungan dengan aspek yang diamati pada kolom keterangan.
1. Tidak baik (0-40)
2. Kurang baik (41-80)
3. Cukup (81-130)
4. Baik (131-160)
5. Sangat baik (161-200)
LEMBAR
OBSERVASI
SUPERVISI
AKADEMIK GURU
NAMA GURU : ANITA MARTHA LINDA, S.Pd.
MATA
PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS : VII
SEKOLAH : SMP PLUS AL FATIMAH
BOJONEGORO
No
|
Aspek yang diamati
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Keterangan
|
|
Kegiatan Pembelajaran.
A. Penyusunan Silabus
|
|
|
|
|
|
|
1.
|
Identitas mata pelajaran atau tema pelajaran
|
|
|
|
V
|
|
|
2.
|
Standar kompetensi
|
|
|
|
V
|
|
|
3.
|
Kompetensi dasar
|
|
|
|
V
|
|
|
4.
|
Materi pembelajaran
|
|
|
|
V
|
|
|
5.
|
Kegiatan pembelajaran
|
|
|
|
|
V
|
|
6.
|
Indikator pencapaian
kompetensi
|
|
|
|
|
V
|
|
7.
|
Penilaian
|
|
|
|
|
V
|
|
8.
|
Alokasi
waktu
|
|
|
|
|
V
|
|
9.
|
Sumber
belajar
|
|
|
|
|
V
|
|
|
B. Penyusunan RPP
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
Identitas mata
pelajaran
|
|
|
|
V
|
|
|
11.
|
Standar kompetensi
|
|
|
|
V
|
|
|
12.
|
Kompetensi Dasar
|
|
|
|
V
|
|
|
13.
|
Indikator
pencapaian kompetensi
|
|
|
|
V
|
|
|
14.
|
Kejelasan
perumusan tujuan Pembelajaran(tidak menimbulkan penafsiran ganda dan
mengandung perilaku hasil belajar)
|
|
|
|
V
|
|
|
15.
|
Pemilihan materi Ajar(sesuai dengan tujuan dan karakteristik peserta
didik)
|
|
|
|
|
V
|
|
16.
|
Pengorganisasian materi ajar
(keruntutan, sistematika, materi dan kesesuaian dengan alokasi Waktu),
|
|
|
V
|
|
|
|
17.
|
Kesesuian
penggunaan metode pembelajaran
|
|
|
V
|
|
|
|
18.
|
Kejelasan skenario
langkah-langkah Pembelajaran
a) Pendahuluan
b) Inti
c) Penutup
|
|
|
|
V
|
|
|
19.
|
Kelengkapan instrumen
Penilaian Hasil Belajar (soal, kunci, pedoman penskoran)
|
|
|
V
|
|
|
|
20.
|
Kelengkapan Sumber
Belajar
|
|
|
|
V
|
|
|
|
C. Pelaksanaan Proses Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
21.
|
Mempersiapkan
siswa untuk belajar
|
|
|
V
|
|
|
|
22.
|
Melakukan kegiatan
apersepsi
|
|
|
|
V
|
|
|
23.
|
Menguasai materi pembelajaran
|
|
|
|
V
|
|
|
24.
|
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relavan
|
|
|
|
V
|
|
|
25.
|
Menyampaikan materi dengan jelas, sesuai dengan hierarki belajar dan karakteristik siswa
|
|
|
|
V
|
|
|
26.
|
Mengkaitkan materi
dengan realitas kehidupan
|
|
|
|
V
|
|
|
27.
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi(tujuan) yang akan
dicapai dan karakteristik siswa
|
|
|
|
|
V
|
|
28.
|
Menggunakan media secara efektif dan efisien
|
|
|
|
|
V
|
|
29.
|
Menghasilkan pesan
yang menarik
|
|
|
|
V
|
|
|
30.
|
Melibatkan siswa
dalam pemanfaatan media
|
|
|
V
|
|
|
|
31.
|
Menumbuhkan
partisipasi aktif siswa dalam
pembelajaran
|
|
|
|
V
|
|
|
32.
|
Menunjukkan sikap
terbuka terhadap respon siswa
|
|
|
|
V
|
|
|
33.
|
Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme siswa dalam belajar
|
|
|
|
V
|
|
|
34.
|
Memantau kemajuan belajar selama proses
|
|
|
|
V
|
|
|
35.
|
Menggunakan bahasa lisan dan tuliasan secara jelas, baik dan benar
|
|
|
|
V
|
|
|
36.
|
Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai
|
|
|
|
|
V
|
|
37.
|
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
|
|
|
|
|
V
|
|
38.
|
Melakukan
penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)
|
|
|
|
|
V
|
|
39.
|
Melakukan tindak
lanjut dengan memberikan arahan, kegiatan, atau tugas sebagai bagian
remedi/pengayaan
|
|
|
|
|
V
|
|
|
Jumlah
|
|
|
15
|
88
|
60
|
163
|
Mendapat nilai 163 kriteria sangat baik
Bojonegoro, 20 Agustus 2012
Kepala Sekolah,
Abdul Fatah, S.Pd.
NIP.
DAFTAR PERTANYAAN SETELAH OBSERVASI
NAMA GURU : ANITA MARTHA LINDA, S.Pd.
MATA
PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS : VII
SEKOLAH : SMP PLUS AL FATIMAH
BOJONEGORO
No
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
1.
|
Bagaimana pendapat saudara setelah
menyajikan pelajaran ini?
|
Merasa belum sempurna, perlu
senantiasa untuk diperbaiki
|
2.
|
Apakah proses pembelajaran sudah sesuai
dengan yang direncanakan?
|
Saya merasa sudah mencapai 90 %
sesuai dengan RPP
|
3.
|
Dapatkah saudara menceritakan hal-hal yang
dirasakan memuaskan dalam proses pembelajaran tadi?
|
Saya senang ketika anak-anak
saya refleksi ternyata hampir 90 % anak bisa menjawab
|
4.
|
Bagaimana perkiraan saudara mengenai
ketercapaian tujuan pembelajaran?
|
Saya kirakan sudah 90 % tujuan
pembelajaran telah tercapai dalam pembelajaran
|
5.
|
Apa yang menjadi kesulitan siswa?
|
Menganalisis materi
|
6.
|
Apa yang menjadi kesulitan saudara?
|
Media pembelajaran yang minim
|
7.
|
Adakah alternatif lain untuk mengatasi
kesulitan saudara?
|
Ada yaitu membuat sendiri secara
sederhana di rumah tapi kalau terus-terusan kecapekan
|
8.
|
Marilah bersama-sama kita identifikasi
hal-hal yang telah mantap dan hal-hal yang perlu peningkatan, berdasarkan
kegiatan yang baru saja saudara lakukan.
|
Ya, identifikasinya anak kurang
optimal untuk menganalisis materi hal karena media terbatas
|
9.
|
Dengan demikian, apa yang akan saudara
lakukan untuk pertemuan berikutnya?
|
Membuat media sederhana agar
siswa ada pembelajaran ketrampilan proses
|
|
Kesan umum:
Saran:
|
Kesan : luar biasa ternyata
mengajar di depan anak-anak karena harus senantiasa malamnya menyiapkannya
Saran : semoga pemerintah
memperhatikan media pembelajaran di sekolah-sekolah
|
Bojonegoro, 21 Agustus 2012
Kepala sekolah
Abdul Fatah, S.Pd.
HASIL
OBSERVASI
SUPERVISI
AKADEMIK
NAMA GURU : ANITA MARTHA LINDA, S.Pd.
MATA
PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS : VII
SEKOLAH : SMP PLUS AL FATIMAH
BOJONEGORO
No
|
Komponen
yang dianalisis
|
Aspek
yang disupervisi
|
Hasil penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1.
|
Tahap
sebelum observasi
|
1.
Persiapan mengajar yang disiapkan
2.
Konsep yang akan dibahas
3.
Tujuan yang akan dicapai
|
|
|
|
V
V
|
V
|
2.
|
Tahap
pelaksanaan observasi
|
4.
Langkah-langkah penyajian
5.
Pemanfaatan media
6.
Proses interaksi
7.
Kejelasan konsep
8.
Tingkat keberhasilan
9.
Penggunaan media
10.
Efektivitas interaksi
|
|
|
V
V
|
V
V
V
V
|
|
3.
|
Tahap
sesudah observasi
|
11.
Kesan-kesan penampilan
12.
Kemampuan mengidentifikasi ketrampilan yang sudah baik
13.
Kemampuan mengidentifikasi ketrampilan yang belum
berhasil
14. Diskusi tentang gagasan-gagasan
alternatif
|
|
|
V
V
V
|
V
V
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
15
|
32
|
5
|
|
|
Jumlah Total
|
52
|
||||
|
|
Rata-rata
|
=52
x 100/70 = 74
|
Hasil yang diperoleh adalah 74 masuk
kriteria Cukup
|
Kepala sekolah/Supervisor
Abdul Fatah, S.Pd.
NIP.
Jadwal Supervisi
Kunjungan Kelas Bulan Agustus 2012
No.
|
Hari/Tgl
|
Nama Guru
|
Mata Pelajaran
|
Kelas
|
Jam ke
|
Pelaksanaan
Supervisi
|
Keterangan
|
1
|
Senin/22
|
01
|
IPA
|
VIID
|
2-3
|
Kasek
|
|
2
|
Senin/22
|
02
|
BIN
|
VIIA
|
4-5
|
Kasek
|
|
3
|
Senin/22
|
03
|
BIG
|
VIIB
|
6-7
|
Kasek
|
|
4
|
Senin/22
|
04
|
IPS
|
VIIIC
|
8-9
|
Kasek
|
|
5
|
Selasa/23
|
05
|
PKn
|
VIIID
|
2-3
|
Kasek
|
|
6
|
Selasa/23
|
06
|
PAI
|
VIIIA
|
4-5
|
Kasek
|
|
7
|
Selasa/23
|
07
|
TIK
|
IXA
|
6-7
|
Kasek
|
|
8
|
Rabu/24
|
08
|
MAT
|
IXB
|
2-3
|
Kasek
|
|
9
|
Rabu/24
|
09
|
TIK
|
IXC
|
4-5
|
Kasek
|
|
10
|
Rabu/24
|
10
|
PJS
|
IXD
|
6-7
|
Kasek
|
|
NAMA GURU
NO
|
NAMA GURU
|
MAPEL
|
1
|
Khoirur
Rozi, S.PdI.
|
IPA
|
2
|
Abul Hasan
Anshori, S.Pd.
|
BIN
|
3
|
Fatkhur
Rohim, S.PdI.
|
BIG
|
4
|
Abdul
Hakam, S.PdI.
|
IPS
|
5
|
Ullistiana
, S.Pd.
|
PKn
|
6
|
Arik
Triawati, S.Pd.
|
PAI
|
7
|
Lilik
Farida, S.Pd
|
TIK
|
8
|
Ulfiatin
Nashiroh, S.H.I
|
MAT
|
9
|
Sri Puji
Astutik, S.Pd.
|
TIK
|
10
|
Nandang
Suwito, S.Pd.
|
PJS
|
Bojonegoro,
21 Agustus 2012
Kepala
Sekolah
Abdul Fatah, S.Pd.
Rekapitulasi Hasil
Supervisi
No
|
Nama
|
Nilai
|
Keterangan
|
|||
Administrasi
|
Penampilan
|
Test
|
Rata-rata
|
|||
1
|
01
|
87
|
90
|
75
|
84
|
B
|
2
|
02
|
85
|
92
|
77
|
85
|
B
|
3
|
03
|
86
|
95
|
78
|
86
|
B
|
4
|
04
|
78
|
91
|
80
|
83
|
B
|
5
|
05
|
80
|
93
|
71
|
81
|
B
|
6
|
06
|
83
|
94
|
72
|
83
|
B
|
7
|
07
|
82
|
95
|
73
|
83
|
B
|
8
|
08
|
81
|
90
|
74
|
82
|
B
|
9
|
09
|
80
|
91
|
75
|
82
|
B
|
10
|
10
|
85
|
92
|
72
|
83
|
B
|
Rentang
penilaian:
|
Kepala
Sekolah
Abdul Fatah, S.Pd.
INSTRUMEN PERENCANAAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Nama
Guru : ANITA MARTHA LINDA, S.Pd.
2. Sekolah : SMP PLUS AL FATIMAH BOJONEGORO
3. Kelas,
Semester : VIIA/ I
4. Identitas
Mata pelajaran : ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
5. Standar
Kompetensi :
1.
Memahami prosedur ilmiah untuk
mempelajari benda-benda
alam dengan menggunakan peralatan
6.
Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan
beserta satuannya
1.2 Mendeskripsikan pengertian suhu
dan pengukurannya
1.3 Melakukan
pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan
sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
7. Hari
tanggal :
Senin, 21 Agustus 2012
No
|
URAIAN KEGIATAN
|
KRITERIA NILAI
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Menentukan identitas mata pelajaran
|
|
|
V
|
|
2.
|
Menentukan standar kompetensi
|
|
|
V
|
|
3.
|
Menentukan kompetensi dasar
|
|
|
V
|
|
4.
|
Menentukan indikator pencapaian kompetensi
|
|
|
|
V
|
5.
|
Menentukan tujuan pembelajaran
|
|
|
V
|
|
6.
|
Menentukan materi ajar
|
|
|
V
|
|
7.
|
Menentukan alokasi waktu
|
|
|
|
V
|
8.
|
Menentukan metode pembelajaran
|
|
|
V
|
|
9.
|
Menentukan kegiatan pembelajaran
|
|
|
|
V
|
10.
|
Menentukan penilaian hasil belajar
|
|
|
|
V
|
11.
|
Menentukan sumber belajar
|
|
|
V
|
|
|
Jumlah NILAI
RIIL = 37
|
|
|
21
|
16
|
|
Jumlah NILAI IDEAL = 44
|
KLASIFIKASI
Baik Sekali
|
|||
|
Nilai PERSENTASI = 84 %
|
SARAN PEMBINAAN :
|
INSTRUMEN
SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS
OBSERVASI
PROSES PEMBELAJARAN
1. Nama Guru : Anita Martha Linda, S.Pd.
2. Sekolah : SMP Plus Al Fatimah Bojonegoro
3. Kelas,
Semester : VIIA, I
4. Identitas
Mata pelajaran : ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
5. Standar
Kompetensi : 1. Memahami
prosedur ilmiah untuk mempelajari
benda-benda
alam dengan menggunakan peralatan
6.
Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan besaran pokok
dan besaran turunan
beserta satuannya
1.4 Mendeskripsikan pengertian suhu
dan pengukurannya
1.5 Melakukan
pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan
sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
7. Hari
tanggal : Senin, 27 Agustus 2012
No
|
URAIAN KEGIATAN
|
KRITERIA NILAI
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Menjelaskan
tujuan dan kompetensi dasar
|
|
|
V
|
|
2.
|
Menyampaikan cakupan materi dan uraian
kegiatan sesuai dengan silabus
|
|
|
V
|
|
3.
|
Menjelaskan
isi kegiatan kepada siswa/langkah kegiatan
|
|
|
V
|
|
4.
|
Menggunakan ekspresi dalam berkomunikasi
dengan siswa
|
|
V
|
|
|
5.
|
Menggunakan respon siswa dalam
menyelenggarakan kegiatan
|
|
|
V
|
|
6.
|
Menggunakan
media dan alat pembelajaran yang sesuai dengan tujuan
|
|
|
V
|
|
7.
|
Menyelenggarakan
kegiatan dengan urutan yang logis
|
|
|
|
V
|
8.
|
Menggunakan
berbagai metode dalam menjelaskan isi kegiatan
|
|
|
|
V
|
9.
|
Membimbing siswa dalam mengikuti kegiatan
secara individual maupun kelompok
|
|
|
|
V
|
10.
|
Memberikan banyak kesempatan kepada siswa
untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang dilaksanakan
|
|
V
|
|
|
11.
|
Memberikan penguatan kepada siswa
|
|
|
V
|
|
12.
|
Melaksanakan
penilaian selama kegiatan berlangsung
|
|
|
V
|
|
13.
|
Menutup kegiatan dengan tepat
|
|
|
V
|
|
14.
|
Memberikan tugas/PR
|
|
|
V
|
|
|
Jumlah NILAI RIIL
= 43
|
|
4
|
27
|
12
|
|
Jumlah
NILAI IDEAL = 56
|
KLASIFIKASI
BAIK SEKALI
|
|||
|
Nilai
PERSENTASI = 77 %
|
SARAN
PEMBINAAN :
Hasil
observasi proses pembelajaran di kelas katagori baik sekali, namun perlu supaya menggunakan alat peraga sebagai media pembelajaran walaupun sangat
sederhana
|
||||
|
||||
INSTRUMEN
OBSERVASI SISWA
PADA PROSES
PEMBELAJARAN
1. Nama Guru : Anita Martha Linda, S.Pd.
2. Sekolah : SMP Plus Al Fatimah Bojonegoro
3. Kelas,
Semester : VIIA, I
4. Identitas
Mata pelajaran : ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
5. Standar
Kompetensi : 1. Memahami
prosedur ilmiah untuk mempelajari
benda-benda
alam dengan menggunakan peralatan
6.
Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan besaran pokok
dan besaran turunan
beserta satuannya
1.6 Mendeskripsikan pengertian suhu
dan pengukurannya
1.7 Melakukan
pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan
sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
7. Hari
tanggal : Senin, 27 Agustus 2012
NO
|
NAMA
|
KEGIATAN
|
SKOR
|
NILAI
|
KET
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
1
|
Rieke Nur Indah
Safitri
|
78
|
80
|
80
|
85
|
323
|
81
|
AKTIF
|
2
|
Nadila Hilyatul
Laili
|
70
|
75
|
80
|
82
|
307
|
77
|
AKTIF
|
3
|
Ade Mei Nurul
Mawaddah
|
70
|
73
|
74
|
80
|
297
|
74
|
AKTIF
|
4
|
Geriesca Azzahra
Putri
|
75
|
77
|
82
|
85
|
319
|
80
|
AKTIF
|
5
|
Rahma Astri
Pratiwi
|
87
|
88
|
84
|
81
|
340
|
85
|
SANGAT
AKTIF
|
JUMLAH
|
456
|
469
|
481
|
499
|
1905
|
477
|
|
KETERANGAN
1.
Berpartisipasi
aktif
2.
Tanggung
jawab
3.
Disiplin
dalan mengikuti pembelajaran
4.
Memusatkan
perhatian pada materi pembelajaran
KRITERIA
SKOR PENILAIAN
|
KRITERIAN
KEAKTIFAN PESERTA
|
||
Nilai
|
Sebutan
|
Kuantitatif
|
Kualitatif
|
1
|
Sangat Aktif
|
85
– 100
|
SA = Sangat Aktif
|
2
|
Aktif
|
69
– 84
|
A = Aktif
|
3
|
Kurang Aktif
|
53
– 68
|
CA = Cukup Aktif
|
4
|
Tidak Aktif
|
37
– 52
|
KA = Kurang Aktif
|
|
INSTRUMEN
KUNJUNGAN KELAS
OBSERVASI PERFORMANSI
GURU
Nama Guru :
ANITA MARTHA LINDA, S.Pd.
Kelas : VIIA
Identitas Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN ALAM
Waktu :
07.00 – 08.20 (2 JP)
Semester : I
Hari tanggal :
3 September 2012
No
|
URAIAN KEGIATAN
|
Kriteria Penilaian
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Persiapan dan apersepsi
|
|
|
|
V
|
2.
|
Relevansi materi dengan tujuan pembelajaran
|
|
|
V
|
|
3.
|
Penguasaan materi
|
|
|
|
V
|
4.
|
Strategi
|
|
|
V
|
|
5.
|
Metode
|
|
|
V
|
|
6.
|
Media
|
|
|
V
|
|
7.
|
Manajemen kelas
|
|
|
V
|
|
8.
|
Pemberian motivasi kepada siswa
|
|
|
|
V
|
9.
|
Nada dan suara
|
|
V
|
V
|
|
10.
|
Penggunaan bahasa
|
|
|
V
|
|
11.
|
|
|
|
|
V
|
Jumlah NILAI RIIL
= 36
|
|
2
|
18
|
16
|
|
Jumlah NILAI IDEAL = 44
|
KLASIFIKASI
BAIK SEKALI
|
||||
Nilai PERSENTASI = 82 %
|
Saran Pembinaan
|